Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Batu Ginjal ,Makanan Penyebab Batu Ginjal Jika dikonsumsi berlebihan

 Bahaya Batu Ginjal Makanan Penyebab Batu Ginjal

Bahaya Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal alias nefrolitiasis merupakan pembentukan materi keras menyerupai batu yg bersumber dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal mampu terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter (saluran kemih mengangkat urine dari ginjal menuju kandung kemih), kandung kemih, dan uretra (saluran kemih yg mengangkat urine ke luar tubuh).



Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yg membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Contoh zat kimia yg mampu membentuk batu ginjal merupakan kalsium dan asam oksalat. Seiring waktu, materi tersebut terus keras dan menyerupai bentuk batu.



JANGAN LUPA BACA JUGA:


Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal mampu dipicu oleh beragam kondisi, semacam tak lebih minum air putih, berat badan berlebih, alias dampak efek samping operasi pada organ pencernaan. Endapan batu di dalam ginjal mampu dikarenakan oleh makanan alias persoalan kesehatan lain yg mendasari. Berdasarkan jenisnya, batu ginjal dibagi menjadi empat, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.



Batu ginjal mampu berpindah dan tak rutin berada dalam ginjal, Perpindahan batu ginjal, khususnya yg berkapasitas besar, akan mengalami kesulitan menuju ureter yg kecil dan halus sampai kandung kemih, lalu dikeluarkan melewati uretra. Kondisi ini mampu memunculkan iritasi saluran kemih. Batu ginjal yg terdiagnosis dan tertangani semenjak awal, tak memunculkan kerusakan permanen pada manfaat ginjal.



JANGAN LUPA BACA JUGA:

Sebagian besar permasalahan penyakit batu ginjal dialami oleh orang yg berumur 30-60 tahun. Diperkirakan 10 persen wanita dan 15 persen pria sempat mengalami keadaan ini selagi nasib mereka.




Gejala Batu Ginjal

Gejala batu ginjal sering baru timbul jika batu ginjal telah berkapasitas besar. Gejala itu meliputi:


  • Sering buang air kecil.
  • Sakit ketika buang air kecil.
  • Jumlah urine yg keluar sedikit alias urine tak keluar sama sekali.
  • Pengobatan Batu Ginjal



Pengobatan batu ginjal alias kencing batu akan diadaptasi dengan keadaan pasien. Pengobatan itu mampu dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya:


  • Pemberian obat-obatan.
  • Prosedur untuk memecah batu ginjal (ureteroskopi).
  • Bedah terbuka.
  • Prosedur lain, semacam extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) alias percutaneous nephrolithotomy.
  • Untuk mencegah penyakit ini, minum tak sedikit air putih dan minta saran dokter tentang pola makan yg tepat.





Komplikasi Batu Ginjal

Pengobatan untuk batu ginjal sendiri, khususnya batu ginjal yg berkapasitas besar, berisiko memunculkan komplikasi, antara lain:


  • Cedera pada ureter.
  • Perdarahan di dalam tubuh.
  • Infeksi yg menyebar ke seluruh tubuh melewati darah alias bakteremia.
  • Pembengkakan pada ginjal alias hidronefrosis.




Deretan Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal







1. Teh Hitam


Makanan tak menjadi penyebab mutlak batu ginjal. Minuman tertentu juga berpotensi menyebabkan penyakit ini.

Batu ginjal terbentuk ketika urine mengandung tak sedikit kalsium oksalat serta asam urat yg kemudian mampu membentuk batu di dalam ginjal. Bahkan, sebanyak 80 persen  batu ginjal terbentuk dari kalsium oksalat. 

Ternyata kalsium oksalat ini yg tak sedikit ditemukan pada teh hitam. Oleh alasannya merupakan itu, konsumsi teh hitam berlebihan mampu memicu batu ginjal. 







2. Makanan Asin

Makanan yg payau juga merupakan makanan penyebab batu ginjal alasannya merupakan mempunyai kadar sodium yg tinggi. Peningkatan kadar natrium di dalam urine mampu menghambat absorpsi kalsium ke dalam tubuh. Akibatnya, terjadilah penumpukan kalsium di dalam urine. 

Jadi, sebaiknya jauhkan keripik serta camilan payau dari keseharian Anda. Gantilah makanan pemicu batu ginjal tersebut menjadi kudapan sehat, semacam buah alias kacang-kacangan.







3. Makanan Olahan


Makanan penyebab batu ginjal berikutnya merupakan makanan olahan (processed food), semacam makanan cepat saji, makanan kalengan, serta makanan dalam kemasan.

Karenanya, batasi konsumsi makanan olahan sebagai menu makanan Kalian sehari-hari. 

Selain itu, makanan cepat saji serta makanan kalengan juga mempunyai kandungan sodium yg tinggi. Seperti yg telah dijelaskan sebelumnya, kadar sodium yg tinggi mampu menyebabkan terbentuknya batu. 







4. Makanan Tinggi Oksalat

Makanan semacam bayam, kacang kedelai, ubi, tempe, serta tahu sebetulnya merupakan makanan yg sehat. Tentu saja apabila dikonsumsi dalam batas yg wajar.

Meski demikian, apabila dikonsumsi dengan cara berlebihan, gugusan makanan tinggi oksalat tersebut mampu menjadi makanan pemicu batu ginjal.

Selain berbagai makanan di atas, kopi juga mengandung zat oksalat. Jadi, untuk berjaga-jaga, batasilah konsumsi kopi Anda. 










5. Daging


Daging mengandung protein hewani yg mempunyai fungsi bagi tubuh Anda. Namun, daging juga tergolong makanan penyebab batu ginjal.

Terlalu tak sedikit mengonsumsi daging nyatanya mampu menyebabkan urine Kalian menjadi asam. Kondisi ini kemudian mampu membikin Kalian rentan untuk terkena batu ginjal tipe asam urat. 

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein hewani ini. Namun, asupan daging juga butuh dibatasi, terlebih apabila Kalian telah mempunyai riwayat batu ginjal.

6. Telur

Selain daging, telur menjadi sumber protein hewani lainnya. Oleh karenanya, telur tergolong makanan penyebab batu ginjal yg konsumsinya wajib Kalian batasi.



Jika dikonsumsi terlalu banyak, telur mampu menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Sebab, protein tinggi hewani umumnya tinggi akan purin. 

7. Minuman Bersoda


Minuman bersoda merupakan salah satu penyebab batu ginjal. Minuman ini mengandung asam fosfat yg tinggi jadi membikin ginjal bekerja ekstra untuk mengolahnya. Lalu, asam fosfat juga mampu bereaksi dengan kalsium serta memicu batu ginjal.

Bagi Kalian yg tak jarang mengonsumsi minuman bersoda, ubahlah kebiasaan tersebut. Mulailah menjalankan pola nasib sehat dengan mengonsumsi lebih tak sedikit air mineral setiap hari demi mencegah terjadinya batu ginjal.







8. Pemanis Buatan


Minuman serta makanan yg kurang baik untuk ginjal salah satunya merupakan yg mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan membikin ginjal Kalian bekerja lebih lebih keras dikala diolah. Hal inilah yg berisiko memunculkan terbentuknya batu.

Selain mampu memicu batu ginjal, pemanis buatan juga mampu dengan cepat menambah berat badan Kalian serta memicu penyakit diabetes. Oleh alasannya merupakan itu, batasilah mengonsumsi makanan serta minuman yg mengandung pemanis buatan.

Post a Comment for "Bahaya Batu Ginjal ,Makanan Penyebab Batu Ginjal Jika dikonsumsi berlebihan"