"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Konsep Mol : Pengertian Mol Serta Penjelasan Mengenai Hubungan Mol Dengan Jumlah Partikel Dan Hubungan Mol Dengan Massa


Hello Sobat! Salam chemistry!!
Pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai konsep mol yang mana pada konsep mol ini kita akan mempelajari sub-sub materi penting diantaranya :

1. Hubungan Mol Dengan Jumlah Partikel

2. Hubungan Mol Dengan Massa

3. Hubungan Mol Dengan Volume

4. Hubungan Mol Dengan Reaksi Kimia 

Waduhh banyak juga ya materinya Mas? Ya tentu sob, dalam konsep mol ini mungkin materinya sedikit sangar dan menantang, tetapi dengan kesungguhan dan keyakinan sobat untuk belajar, maka saya yakin materi sesulit apapun pasti bisa sobat pelajari dengan khidmat dan tenang, betul atau betul ?...

Ok ada satu hal lagi yang perlu sobat ingat, bahwa ketika sobat mampu memahami dan mempelajari materi konsep mol ini dengan baik,, maka sobat akan lebih mudah untuk memahami materi-materi kimia lainya , kenapa bisa begitu mas ? seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya bahwa yang namanya materi kimia itu tidak terlepas dari yang namanya konsep mol,, terlebih-lebih dalam soal kimia, disitu sobat akan sering menjumpai soal-soal yang mengharuskan sobat mencari mol dari unsur/senyawa yang ditanya di dalam soal tersebut .

Nah, jadi dengan dengan mempelajari konsep mol ini sobat bagaikan “mendayung sekali, 2 3 pulau terlampaui” hehehehe … oke deh, sekarang mari kita pelajari keempat sub-sub materi diatas satu persatu….

A. Hubungan Mol Dengan Jumlah Partikel

Apakah yang dimaksud dengan mol ? Tempat kita membeli baju keren ya kak ? hahaha bukan ! Mol adalah jumlah zat dari suatu unsur yang mengandung beberapa bentuk elemen seperti atom,molekul,ion ataupun elektron. Lalu apakah hubungan antara mol dengan jumlah partikel ? Para ilmuan kimia setuju dan sepakat bahwa 1 mol dari suatu unsur itu mengandung 6,02 x 1023 partikel atom dari unsur tersebut, sedangkan 1 mol dari suatu senyawa itu mengandung 6,02 x 1023 partikel molekul dari senyawa tersebut.

Analoginya begini….
1 Mol Gas N2 = 6,02 x 1023 partikel molekul N2
1 Mol Unsur Cu = 6,02 x 1023 partikel atom Cu
1 Mol Senyawa H2O = 6,02 x 1023 partikel molekul H2O
1 Mol Ion LiCl = 6,02 x 1023 ion Li+ dan 6,02 x 1023 ion Cl-
 
Tetapan jumlah partikel ini lahir dari gagasan seorang ilmuan legendaris kita yang bernama Avogadro. jadi tetapan jumlah partikel tersebut dianami dengan “bilangan Avogadro”. Nah, hubungan antara mol dengan dengan jumlah partikel dapat kita tuliskan dengan persamaan berikut.

Konsep Mol


Agar sobat bisa lebih paham lagi tentang hubungan antara mol dengan jumlah partikel ini, sobat bisa pelajari contoh soal dibawah ini..

1. Di dalam tabung gas, terdapat 3,01 x 1023 partikel atom gas Cl2, hitunglah mol gas Cl2 yang terdapat didalam tabung gas tersebut!!

Nah , pada soal diketahui jumlah partikel atom dari gas Cl2 ialah sebanyak 3,01 x 1023 partikel,, nah untuk menentukan molnya maka kita dapat menggunkan rumus yang telah kita tuliskan tadi yaitu :


Jadi ,,
Konsep Mol

2. Di dalam tabung silinder terdapat 0,1 mol gas O2, hitunglah jumlah partikel molekul dari Gas O2 tersebut!

Pada soal, diketahui molnya (n) yaitu sebesar 0,1 mol, maka untuk mencari jumlah partikelnya kita dapat gunakan rumus yang telah kita buat sebelumnya yaitu :

Jumlah Partikel (<>)  =  n x 6,02 x 1023
                                   =  0,1 x 6,02 x 1023
                                   =  0,602 x 1023 partikel molekul gas O2
 
Bagaimana sobat? Sudah pahamkan sub materi mengenai hubungan antara mol dengan jumlah partikel ini? Saya harap 2 soal diatas dapat menunjang pemahaman sobat mengenai sub materi pertama kita ini,, oke deh kalau sobat sudah paham maka mari kita lanjutkan ke sub materi kedua….

B. Hubungan Mol Dengan Massa

 Jika sebelumnya kita membahas hubungan mol dengan jumlah partikel, maka kali ini kita akan membahas hubungan mol dengan massa. Sebelum kita bahas lebih lanjut, marilah kita bedakan dulu antara “hubungan mol dengan jumlah partikel” dan “hubungan mol dengan massa”. Agar lebih singkat saya lambangkan “hubungan mol dengan jumlah partikel” sebagai X dan “hubungan mol dengan massa” sebagai Y.
 
teori X dan Y sangatlah berbeda sobat, pada teori X,mol dari suatu unsur/senyawa ditentukan berdasarkan jumlah partikel yang dimiliki oleh unsur/senyawa tersebut. Sedangkan pada teori Y mol dari suatu unsur/senyawa ditentukan berdasarkan massa yang dimiliki oleh unsur/senyawa tersebut.

Berbeda jauh kan sob? Jadi pada materi hubungan mol dengan massa ini kita akan belajar cara menentukan mol dari suatu unsur/senyawa berdasarkan massa yang dimiliki oleh unsur/senyawa tersebut, bukan dari jumlah partikelnya.

Untuk menentukan mol dari suatu unsur/senyawa yang hanya di ketahui massanya saja, maka rumus yang dapat kita gunakan ialah sebagai berikut :

Rumus Mol

Supaya sobat bisa lebih paham, silahkan sobat perhatikan contoh soal di bawah ini!

1. Yodhia memiliki 128 gr tembaga murni, maka tentukanlah mol dari tembaga yang dimiliki oleh Yodhia!

Nah, diketahui massa dari tembaga yaitu sebesar 128 gr, maka untuk menentukan molnya kita cari dengan menggunakan rumus :

Konsep Mol


2. Darmawan memiliki 0,1 mol tembaga, maka tentukanlah massa dari tembaga tersebut! (Dik Mr = 64 )

Nah, diketahui mol nya sebesar 0,1 mol, maka untuk menentukan massanya dapat kita cari dengan menggunakan rumus :

Konsep Mol


3. Jika 0,1 mol urea terdiri dari 6 gr urea maka tentukanlah Mr dari senyawa urea tersebut!
Nah, untuk menjawab soal diatas, kita dapat menggunakan rumus :


Bagaimana sob ? sudah pahamkan materi mengenai hubungan antara mol dengan massa ini? Saya harap sobat bisa paham dan mengerti. Oke, Postingan mengenai hubungan mol dengan volume dan hubungan mol dengan reaksi kimia akan dilanjutkan minggu depan ! so stay tunned here !

0 Response to "Konsep Mol : Pengertian Mol Serta Penjelasan Mengenai Hubungan Mol Dengan Jumlah Partikel Dan Hubungan Mol Dengan Massa "

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !