"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part I ( Lengkap dan Premium )

Cara menyetarakan reaksi redoks

Hello Sobat dan adik-adik ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini, mas dennis akan mengajarkan bagaimana caranya menyetarakan reaksi redoks secara mudah dan lengkap.

Bicara mengenai cara menyetarakan reaksi redoks,mas dennis jadi ingat dengan celotehan teman mas dennis dulu sewaktu mas dennis masih kelas 3 SMA. Ia berkata bahwa "materi mengenai penyetaraan reaksi redoks merupakan materi kimia paling sulit di dunia dan telah dicatat di buku guiness world of record", ujarnya kesal ,, mendengar celotehanya itu mas dennis hanya bisa tertawa dan geleng-geleng kepala, hahahaha... mungkin itulah kenangan masa SMA yang masih mas dennis ingat sampai saat ini....

Sekarang pertanyaanya, apakah adik-adik sependapat dengan teman mas dennis itu ? Jika iya, maka sekarang adik-adik berada di tempat yang tepat ! Di panduan ini adik-adik akan belajar cara menyetarakan reaksi redoks dengan metode step by step, artinya adik-adik akan belajar langkah demi langkah cara menyetarakan reaksi redoks ini.

Untuk menyetarakan reaksi redoks dapat dilakukan dengan 2 cara. Pertama, yaitu dengan metode setengah reaksi dan kedua yaitu dengan cara metode biloks. Sekarang kita mulai dengan metode yang pertama yaitu metode setengah reaksi.

A. Metode Setengah Reaksi

Metode ini disebut dengan metode setengah reaksi karena langkah pertama yang harus kita lakukan dalam metode ini ialah membagi reaksi menjadi setengah reaksi, setelah itu barulah kita lakukan langkah-langkah berikutnya. Jalan pengerjaan dalam metode setengah reaksi ini lumayan panjang, Oleh karena itu adik-adik harus berhati-hati dan teliti dalam menyetarakan reaksi redoks dengan menggunakan metode ini.

Adapun langkah-langkah yang harus kita lakukan dalam metode setengah reaksi ini adalah sebagai berikut :

1. Membagi reaksi menjadi setengah reaksi.

2 .Setarakan koofesien pada masing-masing ruas

3. Bila terdapat atom O dan atom H di salah satu ruas, maka jumlah atom O dan atom H di kedua ruas harus disetarakan dengan aturan berikut :

1a. Dalam suasana asam, jumlah atom O disetarakan dengan cara menambahkan H2O pada ruas yang kekurangan jumlah atom O.

1b. Dalam suasana basa, jumlah atom O disetarakan dengan cara menambahkan OH- pada ruas yang kekurangan jumlah atom O.

2a. Dalam suasana asam, jumlah atom H disetarakan dengan cara menambahkan H+ pada ruas yang kekurangan jumlah atom H.

2b. Dalam suasana basa, jumlah atom H disetarakan dengan cara menambahkan H2O pada ruas yang kekurangan jumlah atom H.

Bila di kedua ruas tidak terdapat atom O dan atom H, maka jumlah atom O dan atom H tidak perlu disetarakan.

4. Setarakan muatanya dengan cara menambahkan elektron pada ruas yang memiliki jumlah muatan yang lebih positif.

Untuk langkah selanjutnya akan mas dennis jelaskan nanti, sekarang kita langsung saja ke contoh soal untuk menyetarakan reaksi redoks ini. Silahkan adik-adik sediakan kopi dan kacang panggang sebelum memulai, agar adik-adik lebih rileks dan lebih santai dalam memahami materi kita kali ini... Okay, the lesson is begin ! Keep Enjoy !!

Setarakanlah reaksi redoks dibawah ini dengan menggunakan metode setengah reaksi !

Cara menyetarakan reaksi redoks


Ok, kita mulai ke contoh soal yang pertama !


- Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membagi reaksi menjadi setengah reaksi, maka reaksi diatas harus kita bagi menjadi setengah reaksi !


-Langkah Kedua, kita setarakan koofesien pada masing-masing ruas !

Cara menyetarakan reaksi redoks

-Langkah Ketiga , Bila terdapat atom O atau atom H di salah satu ruas , maka jumlah dari atom O dan atom H di kedua ruas harus disetarakan, karena reaksi ini berlangsung dalam suasana asam maka ruas yang kekurangan atom O harus ditambahkan dengan H2O sedangkan ruas yang kekurangan atom H harus ditambahkan dengan H+

Pertama, kita setarakan jumlah atom O nya terlebih dahulu....


Setelah itu, kita setarakan jumlah atom H nya...



-Langkah Keempat, Setarakan muatanya dengan cara menambahkan elektron pada ruas yang memiliki jumlah muatan yang lebih positif,

Sekarang kita setarakan muatan pada reaksi pertama !


Berarti ruas kiri memiliki jumlah muatan yang lebih positif dibandingkan dengan di ruas kanan, maka diruas kiri harus ditambahkan 6 buah elektron agar kedua ruas sama-sama memiliki 6 buah muatan positif.


Sekarang kita setarakan muatan pada reaksi kedua !



Berarti ruas kanan memiliki jumlah muatan yang lebih positif dibandingkan dengan di ruas kiri, maka di ruas kanan harus ditambahkan 2 buah elektron agar kedua ruas sama-sama memiliki 2 buah muatan negatif.



-Langkah Kelima, setarakan jumlah elektron dan jumlahkan kedua reaksi tersebut !

Pekerjaan kita hampir selesai, tugas kita sekarang adalah menyetarakan jumlah elektron dan menjumlahkan kedua reaksi tersebut !.

Pertama, kita setarakan dulu jumlah elektronya !




Maka hasilnya ...



Dan Hasil Akhirnya...


Pastikan semuanya sudah setara...


Bersambung ke Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part II ( Soal No 3 )
 

0 Response to "Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part I ( Lengkap dan Premium )"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !