Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian,Sifat Dan Contoh Dari Senyawa Ion

Hello Sobat dan Adik - Adik ! Salam Chemistry !! Pada postingan kali ini , mas dennis akan membahas mengenai pengertian , sifat serta contoh dari senyawa ion. Seperti yang juga adik-adik ketahui bahwa senyawa kimia terutama senyawa kimia anorganik, itu terdiri dari 3 jenis senyawa yaitu senyawa ion, senyawa kovalen polar dan senyawa kovalen non polar. ketiga jenis senyawa kimia ini tentunya sangatlah penting untuk kita pelajari, karena pada materi-materi kimia tingkat atas yang akan adik-adik pelajari berikutnya akan selalu berkaitan dengan konsep dari senyawa ion dan senyawa kovalen ( polar dan non polar ) , oleh karena itu alangkah baiknya kita mempelajari materi ini untuk kemudahan belajar adik-adik di masa mendatang.

Baiklah silahkan adik-adik siapkan teh hangat untuk menemani adik-adik di dalam membaca postingan mas dennis kali ini, sekarang mari kita masuk ke pengertian dari senyawa ion !

A. Pengertian Senyawa Ion

Senyawa ion merupakan suatu senyawa kimia yang tersusun dari 2 buah unsur ( Logam dengan Non Logam ) yang berikatan dengan cara serah terima elektron yang mana unsur yang satu ( Logam ) menyerahkan elektron kepada unsur yang kedua ( Non Logam ) sehingga terjadilah peristiwa tarik menarik elektron yang sangat kuat antara kedua unsur yang pada akhirnya menciptakan suatu ikatan yang sangat kuat antara kedua unsur yang kita kenal dengan sebutan ikatan ion.

Jadi intinya , senyawa ion terbentuk dari 2 buah unsur yang berikatan dengan cara serah terima elektron, biasanya kedua buah unsur ini terdiri dari unsur logam dan unsur non logam. unsur yang menyerahkan elektron ialah unsur logam sedangkan unsur yang menerima elektron ialah unsur non logam.

Agar pemahaman adik-adik bisa bertambah , silahkan perhatikan ilustrasi gambar di bawah ini !

senyawa ion

Baiklah jadi begitulah penjelasan mengenai pengertian dari senyawa ion , sekarang mari kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya yaitu sifat dari senyawa ion....

B. Sifat Senyawa Ion

Sekarang kita akan membahas mengenai sifat atau karakteristik yang dimiliki oleh senyawa ion. Bicara mengenai sifat dari senyawa ion, kita pasti akan menjumpai bahwa sifat dari senyawa ion sangatlah berbeda dengan senyawa kovalen. mas dennis akan memaparkan sifat dari senyawa kovalen pada penjelasan dibawah ini :

1. Senyawa ion memiliki titik beku dan titik didih yang tinggi

Senyawa ion umumnya memiliki titik didih dan titik beku yang cukup tinggi. Hal ini terjadi akibat kuatnya ikatan antar molekul pada senyawa ion tersebut. selain menyebabkan tingginya titik didih dan titik beku dari senyawa ion,kuatnya ikatan antar molekul ini juga berimbas pada sifat fase dari senyawa ion. Umumnya senyawa ion memiliki fase padat pada suhu kamar dan hal ini berbeda dengan senyawa kovalen, umumnya senyawa kovalen memiliki fase cair atau gas pada suhu kamar.

2. Kelarutan dalam air

Senyawa ion umumnya memiliki tingkat kelarutan yang cukup tinggi di dalam air, tingginya tingkat kelarutan senyawa ion di dalam air terjadi akibat adanya interaksi molekul-molekul polar dari air dengan senyawa ion yang memiliki muatan positif dan muatan negatif, interaksi ini terjadi antara muatan positif dari air dengan muatan negatif dari senyawa ion dan begitu juga sebaliknya. Jadi akibat adanya interaksi tersebut, maka senyawa ion dapat dengan mudah larut di dalam air membentuk ion-ion.

3. Dapat menghantarkan arus listrik

Ya, inilah salah satu sifat dari senyawa ion yang umum kita ketahui, senyawa ion dapat menghantarkan arus listrik karena senyawa ion larut dalam bentuk ion-ion yang  bermuatan positif dan bermuatan negatif ,sehingga arus listrik akan dibawa oleh ion-ion tersebut, hal ini sangat berbeda dengan senyawa kovalen yang tidak mampu menghantar arus listrik dikarenakan molekul-molekulnya tidak memiliki keleluasaan untuk bergerak karena tidak memiliki muatan.

Jadi intinya senyawa ion merupakan penghantar listrik yang baik.

4.  Reaksinya berlangsung cepat

Umumnya senyawa ion bereaksi dalam tingkat ion, sehingga energi yang diperlukan untuk mereaksikan senyawa ion yang satu dengan senyawa ion yang lainya tidaklah besar seperti senyawa kovalen. Uniknya, reaksi-reaksi yang melibatkan senyawa ion umumnya tidak membutuhkan energi sama sekali, contohnya dapat kita lihat pada reaksi-reaksi sederhana seperti reaksi pengendapan. Oleh karena itu reaksi kimia pada senyawa ion berlamgsung lebih cepat dibandimgkan pada senyawa kovalen.

Baiklah itulah sifat atau karakteristik dari senyawa ion, sekarang mas dennis akan berikan contoh senyawa ion pada pemaparan di bawah ini :

Contoh senyawa ion
  • Asam kuat seperti H2SO4 , HNO3 , HClO3 , HClO4 dll
  • Basa kuat seperti NaOH , KOH , RbOH , LiOH dll
  • Garam dari unsur logam seperti LiCl , KCl ,MgCl2 , SrBr2 , CaCl2 , dll

Ok , begitulah penjelasan mas dennis mengenai pengertian,sifat dan contoh dari senyawa ion semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan sobat semuanya. terima kasih ! dan salam CHEMISTRY !!

Untuk penamaan senyawa ion adik-adik bisa baca artikel mas dennis mengenai Tata Nama Senyawa Ion

1 comment for "Pengertian,Sifat Dan Contoh Dari Senyawa Ion"

sheilaaavi 2 December 2017 at 08:13 Delete Comment
Thankyouuu so helping us!!