mesothelioma attorney houston,mesothelioma attorney california,mesothelioma compensation,pleural mesothelioma stages,mesothelioma lawyer directory,mesothelioma lawsuit settlements,statute of limitations on mesothelioma claims,lawyers for mesothelioma,mesothelioma settlement fund

Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Larutan Sejati Dan Larutan Nyata


Seperti yang kita ketahui,dalam suatu larutan nyata sebenarnya terjadi interaksi antar partikel molekul zat terlarut dengan partikel molekul zat pelarut. Interaksi yang terjadi antar kedua partikel tersebut akan memunculkan suatu sifat baru yang sangat sukar untuk diramalkan. Oleh karena itu,para ilmuan kimia menciptakan suatu teori yang bisa meramalkan sifat sesungguhnya dari larutan nyata tersebut,teori ini disebut dengan hukum ideal. Dan olehnya dimunculkanlah istilah larutan sejati sebagai upaya untuk menjelaskan keadaan sesungguhnya dari larutan nyata.

Selama ini kita mungkin mengenal yang namanya Hukum gas ideal (sejati). Dalam konteks gas, Suatu gas dapat dikatakan sebagai gas sejati atau ideal apabila molekul-molekul gas tersebut tersebar merata di suatu ruang dan tidak terjadi interaksi antar molekul-molekul gas tersebut. Sedangkan dalam konteks larutan,suatu larutan dapat dikatakan larutan sejati apabila gaya antaraksi partikel pelarut-pelarut,terlarut-terlarut atau pelarut-terlarut sama. Contohnya pada Benzena dan Touelena,kedua senyawa ini apabila dicampurkan maka keduanya dapat dikatakan sebagai larutan sejati.

Larutan ion yang sangat encer,seperti larutan NaCl 0,01 M dapat kita katakan sebagai larutan sejati karena ion-ionya bebas bergerak dan gaya tarik menarik hanya terjadi antar partikel zat terlarut dan pelarut. Selain itu daya hantar listrik yang dimiliki oleh NaCl 0,01 M akan mendekati sempurna atau 100 % jika dibandingkan dengan larutan NaCl yang pekat. Mengapa demikian ? Hal ini terjadi karena larutan NaCl 0,01 M memiliki daya tarik antar partikel yang tidak terlalu kuat sehingga kemungkinan ion-ion unuk membentuk pasangan molekul dengan partikel pelarut dapat diabaikan. Sedangkan pada larutan NaCl pekat,gaya tarik menarik anatar molekul yang berlawanan muatan akan sering terjadi dan hal ini meningkatkan kecenderungan ion-ion terlarut untuk membentuk pasangan molekul dengan partikel pelarut sehingga derajat ionisasi yang sesungguhnya bisa kurang dari 100 %. Jadi larutan NaCl pekat tidak dapat dikatakan sebagi larutan sejati.

Kesimpulanya, Larutan nyata merupakan larutan yang interaksi antar pelarut-terlarutnya harus diperhitungkan dengan jelas. Sedangkan larutan sejati merupakan larutan yang interaksi molekul pelarut-pelarut,terlarut-terlarut dan pelarut-terlarut itu adalah sama.

0 Response to "Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Larutan Sejati Dan Larutan Nyata"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !