"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Magnesium : Pengertian, Sifat, Fakta dan Kegunaanya


Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada postingan kali ini, kita akan mengulik dan membahas beberapa fakta penting serta sifat dan kegunaaan dari salah satu logam alkali tanah, yaitu logam Magnesium. 

Magnesium merupakan salah satu logam yang termasuk ke dalam golongan Alkali Tanah tepatnya di golongan IIA Periode ke tiga. Logam ini memiliki banyak manfaat serta peranan yang sangat penting baik dalam dunia industri maupun dalam keseharian kita. Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai manfaat, alangkah baiknya kita ketahui dulu sifat-sifat atau karakteristik yang dimiliki oleh logam magnesium.

Magnesium memiliki warna abu abu- keperakan  yang terlihat sangat kentara ketika logam ini dibiarkan di udara terbuka selama beberapa menit. Adanya warna abu-abu pada magnesium dikarenakan logam ini teroksidasi memebentuk oksida magnesium yang sifatnya inert dan berguna untuk melindungi magnesium dari oksidasi lebih lanjut. Jika pada umumnya logam-logam golongan transisi memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi, maka logam golongan IA dan IIA memiliki titik leleh dan titik didih yang lebih rendah, tak terkecuali magnesium. Magnesium memiliki titik leleh sebesar 650 C dan titik didih sebesar 1090 C, itu artinya magnesium memiliki tititk didih yang paling rendah di golongan II A.

Magnesium juga merupakan salah satu logam yang bersifat reaktif, meskipun kereaktifanya tidak sebesar logam golongan IA dan logam kalsium. Magnesium juga bereaksi dengan air, tetapi reaksinya ini berlangsung sangat lambat pada suhu kamar. Bila magnesium tersebut dibakar dan lalu kita larutkan ke dalam air, maka reaksinya bisa berlangsung lebih dahsyat. Hal yang paling unik dari logam ini ialah ketika kita membakar logam tersebut, ketika logam magnesium dibakar, maka akan dihasilkan cahaya putih intense yang sangat cantik, cahaya ini dihasilkan dari proses eksitasi dari elektron magnesium. Berikut ini gambarnya :
                                              Image By : chemistryworld.com

Cukup keren bukan ? Sinar putih yang dihasilkan dari proses pembakaran itu merupakan sinar ultraviolet sehingga kita tidak boleh menatap sinar tersebut secara berlebihan. Magnesium juga merupakan logam yang jumlahnya cukup melimpah di alam kita ini, bahkan magnesium termasuk ke dalam 8 besar unsur yang jumlahnya paling melimpah, hanya kalah dari besi di urutan ke tujuh. Keberlimpahan magnesium ini dapat kita temui di air laut. Air laut kaya akan ion magnesium, sehingga proses pembuatan logam magnesium memanfaatkan air laut sebagai sumbernya. Proses pembuatan magnesium dari air laut melalui beberapa tahapan. Pertama air laut direaksikan terlebih dahulu dengan Kalsium hidroksida ( Ca( OH )2 )  :

Mg2+   +   2OH- →  Mg(OH)2  ( s )

Karena ion magnesium yang ada pada air laut bereaksi dengan ion hidroksida dari kalsium, maka dihasilkanlah magnesium hidroksida yang sifatnya tidak dapat larut sehingga senyawa ini akan mengendap, endapannya ini disebut dengan brusit. Lalu endapan yang dihasilkan direaksikan dengan Asam Klorida membentuk Magnesium Klorida :

Mg(OH)2 + HCl → MgCl2 + H2O

Lalu Garam Magnesium Klorida yang dihasilkan di elektrolisis sehingga dihasilkanlah logam magnesium dari proses elektrolisis ini.

Beberapa Fakta Tambahan Mengenai Magnesium ;

- Magnesium juga digunakan sebagai paduan ( alloy ) bersama dengan logam lain. Pada tahun 2013 sebanyak kurang dari 1 juta ton Magnesium digunakan sebagai paduan terhadap logam lainya, tetapi jumlah ini masih kalah dengan alumunium yang di produksi sebanyak 50 juta ton untuk di padukan dengan logam lain.

- Jika dibandingkan dengan logam alumunium , logam Magnesium memiliki massa jenis yang lebih ringan sehingga logam ini juga dapat digunakan untuk menggantikan logam alumunium alloy.

- Logam Magnesium juga merupakan logam yang rentan untuk terbakar terutama jika dalam bentuk serbuk, Hal ini juga disebabkan karena kereaktifan dari logam magnesium itu sendiri.

Baiklah itulah sedikit penjelasan mengenai logam magnesium, semoga dapat bermanfaat untuk menambah wawasan sobat dan adik-adik semuanya, Terima kasih ! dan Salam CHEMISTRY !!

0 Response to "Magnesium : Pengertian, Sifat, Fakta dan Kegunaanya"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !