"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

7 Fakta Unik Mengenai Logam Natrium ( Na )


Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa fakta unik mengenai salah satu logam alkali yang sifatnya sangat reaktif yaitu si Natrium.

Seperti yang kamu ketahui bahwa logam natrium merupakan salah satu logam alkali yang memiliki nomor atom 11 dan nomor massa 23. Logam natrium memiliki struktur fisik dan kerapatan yang rendah, tetapi meskipun memiliki kerapatan rendah logam ini masih memiliki wujud fisik yang sangat menyerupai logam pada umumnya. Baiklah, sekarang mari kita ulik beberapa fakta unik mengenai logam Natrium.

1. Logam Natrium Dapat Dibelah Dengan Menggunakan Pisau

Ya, inilah salah satu keunikan dari logam Natrium. Dikarenakan logam ini memiliki kerapatan atau density yang rendah, maka logam Natrium dapat dengan mudah kita potong atau belah hanya dengan menggunakan sebilah pisau. Hal ini tentu menjadi salah satu hal yang sangat unik bagi kita karena selama ini kita mengenal logam itu sebagai sebuah benda yang keras, kaku dan hanya bisa kita tempa, tetapi nyatanya logam Natrium memiliki struktur yang lunak dan tidak kaku seperti logam pada umumnya.

2. Logam Natrium Ditemukan Oleh Humphry Davy Melalui Jalan Elektrolisis

Humphry Davy merupakan salah satu ilmuan kimia penting yang telah banyak memberikan jasanya bagi perkembangan ilmu kimia. Salah satunya ialah penemuan beliau terhadap logam Natrium. Pada tahun 1807,  Pak Davy melakukan elektrolisis terhadap lelehan natrium hidroksida, tak disangka ternyata dihasilkan sebuah benda berwarna keperakan yang dapat memudar seketika bahkan dapat terbakar dalam beberapa menit, setelah diteliti sifat-sifatnya, maka pak davy menemukan bahwa unsur ini memiliki sifat yang mirip dengan logam golongan alkali, sehingga setelah beberapa tahun barulah ia memberikan nama terhadap logam yang ia temukan yaitu logam Natrium.

3. Merupakan Salah Satu Logam Yang Sangat Reaktif

Jika ditanya mengenai sifat dari logam Natrium, maka yang paling similiar di pikiran kita ialah sifat kereaktifanya. Logam Natrium memiliki sifat yang sangat reaktif, hal ini terjadi karena elektron terluar dari logam natrium berjumlah 1 dan hal ini menyebabkan terjadinya kecenderungan yang sangat kuat dari logam natrium untuk melepaskan 1 elektron terluarnya sehingga sifatnya menjadi sangat reaktif. kereaktifan logam alkali dari litium ke cesium akan meningkat dikarenakan jarak elektron terluar dari inti atom semakin jauh sehingga daya tarik inti atom terhadap elektron semakin lemah dan tentu saja hal ini membuat elektron terluarnya semakin mudah lepas dan inilah yang menyebabkan unsur alkali itu semakin reaktif.

Banyak demonstrasi kimia yang dilakukan untuk membuktikan kereaktifan dari logam Natrium. Misalnya ketika logam Natrium dilarutkan ke dalam air maka logam ini akan meletup dan terbakar secara spontan. Demonstrasi seperti ini tentu sangat menarik untuk kita lihat, sehingga kita dapat mengetahui dan memahami bahwa logam natrium merupakan logam yang sangat reaktif.

4. Logam Natrium Dapat Digunakan Untuk Membedakan Alkohol Dengan Eter

Seperti yang kita ketahui bahwa alkohol dan eter berisomer fungsi sehingga kedua senyawa ini akan memiliki rumus molekul yang sama. Nah, ketika ada dua botol kimia yang mengandung senyawa alkohol dan eter dan keduanya memiliki rumus molekul yang sama maka bagaimana caranya kita mengidentifikasi bahwa unsur itu alkohol atau eter ? Nah, disinalah si natrium memegang peranan yang penting, kita dapat membedakan antara alkohol dan eter dengan cara melarutkan logam natrium ke dalam larutan eter dan alkohol. Alkohol akan bereaksi dengan Natrium sedangkan eter tidak akan bereaksi dengan Natrium. Nah, dengan cara melarutkan natrium ke dalam kedua larutan ini tentunya kita dapat membedakan mana yang eter dan mana yang alkohol.

5. Oksida dari Natrium Merupakan Absorben Gas CO2 yang Baik

Natrium Oksida ( Na2O ) merupakan salah satu senyawa natrium yang memiliki kapabilitas untuk menyerap gas CO2 dari udara. Kemampuanya ini sangat bermanfaat untuk meminimalisir keberadaan gas CO2 di suatu tempat. Berikut ini reaksi mekanisme penyerapan gas CO2 oleh logam Natrium :

Na2O + CO2 → Na2CO3

Jumlah volume gas CO2 yang diserap tentu bergantung pada jumlah Na2O yang tersedia, bila diperlukan dalam jumlah yang besar hal ini tentunya akan memakan biaya yang besar pula. Sehingga penggunaan Na2O sebagai absorben gas CO2 dinilai kurang efektif karena biaya produksinya yang besar, tetapi bagaimanapun juga kemampuan Na2O dalam menyerap gas CO2 dinilai paling baik dibandingkan senyawa lainya.

6. Natrium Merupakan Salah Satu Mineral Yang Sangat Penting Bagi Tubuh

Ya, natrium merupakan salah satu mineral esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. banyak manfaat yang terkandung dalam mineral natrium diantaranya untuk membantu proses perlambatan saat terjadi impuls saraf dan juga berfungsi untuk mengatur ritme detak jantung. Jika tubuh mengalami kekurangan natrium maka dapat menyebabkan terjadinya kelelahan bahkan kejang otot, oleh karena itulah maka Natrium wajib dikonsumsi oleh manusia karena merupakan mineral esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

7. Natrium dapat Bergabung dengan Logam Lain Membentuk Alloy

Satu lagi keunikan dari si logam lunak ini ialah kemampuanya untuk membentuk paduan ( alloy ) dengan logam lain. Paduan yang dihasilkan antara suatu logam dengan logam Natrium umumnya menghasilkan logam dengan kondisi fisik yang ringan, kuat dan memiliki kerapatan struktur yang baik. Cara memadukan suatu logam dengan logam natrium ialah dengan cara melelehkan logam yang dipadukan bersama dengan logam Natrium. Misalnya kita ingin membuat paduan logam timbal dengan logam natrium, maka kedua logam ini kita lelehkan bersama dan kedua logam tersebut akan bercampur membentuk alloy. Contohnya NaPb3, NaPb,  Na9Pb4 dll. Natrium juga dapat membentuk alloy dengan logam emas membentuk NaAu2 dan dengan perak membentuk NaAg2.

Baiklah jadi itulah 7 Fakta Unik Mengenai Logam Natrium, semoga fakta unik diatas dapat menambah wawasan sobat dan adik-adik semua, So, Terima Kasih ! dan Salam CHEMISTRY !!

0 Response to "7 Fakta Unik Mengenai Logam Natrium ( Na )"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !