Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Kimia Unsur : Soal No 11-20

11. Apakah kandungan utama dari mineral karbonat dolomite?

Jawab : Magnesium (Mg) / Kalsium (Ca)
 
Pembahasan : Dolomite adalah mineral yang berasal dari alam yang mengandung unsur hara Magnesium (Mg) dan Kalsium (Ca) berbentuk tepung dengan rumus kimia CaMg(CO3) 2. Mineral yang disebut dolomite merupakan mineral yang digunakan untuk menghasilkan kalium sulfat, yang digunakan dalam pembuatan bahan bangunan dan kain fireproofing.

12. Apakah kandungan utama dari mineral siderite?

Jawab : Besi (Fe)
 
Pembahasan : Siderit (besi karbonat) (FeCO3) , Warna : Coklat kekuningan dan coklat keabuan sampai coklat dan coklat kemerahan, dapat juga abu-abu, abu-abu kekuningan , atau abu-abu kehijauan. Kekerasan : 3,5 – 4 Berat jenis : 3,96 untuk FeCO3 murni, dan menjadi rendah dengan hadirnya Mn2+ dan Mg. Terbentuk pada lingkungan sedimen, dan terdapat sebagai lapisan-lapisan yang sering berasosiasi dengan lapisan lempung, serpih, atau batubara. Dapat pula terbentuk melalui proses hidrotermal dan terdapat dalam urat-urat, atau terbentuk sebagai pegmatit. Sering berasosiasi dengan bijih-bijih metal yang mengandung mineral-mineral perak seperti pirit, khalkopirit, tetrahedrit, dan galena.


13. Apakah kandungan utama dari mineral bauksit?

Jawab : Aluminium (Al)
 
Pembahasan : Bauksit Al2O3.2H2O ( bahasa Inggris : bauxite) adalah biji utama aluminium terdiri dari hydrous aluminium oksida dan aluminium hidroksida yakni dari mineral gibbsite Al (OH) 3, boehmite γ-AlO (OH), dan diaspore α-AlO (OH), bersama-sama dengan oksida besi goethite dan bijih besi , mineral tanah liat kaolinit dan sejumlah kecil anatase TiO2.
 
14. Apakah kandungan utama dari mineral fluorit?

Jawab : Kalsium ( Ca)
 
Pembahasan : suatu mineral yang terdiri atas kalsium fluoride, (CaF 2). Mineral Fluorit adalah suatu mineral yang sifat kristalnya isometrik dengan bentuk kubus, meskipun oktahedral dan format isometrik lebih rumit tidaklah luar biasa. Kelahiran kembar Kristal adalah umum dan menambahkan kompleksitas kepada mengamati kebiasaan kristal. Fluorit mempunyai warna bening atau putih, warna ungu, biru, biru kehijau – hijauan, hijau, kuning, kuning kecoklat-coklatan, merah muda, atau merah.

15. Apakah kandungan utama dari mineral halit?

Jawab : Natrium (Na)
 
Pembahasan: Mineral halit biasanya berbentuk bongkahan, atau granular (berbutir) kasar. Halit terbentuk pada dasar sedimen evaporit yang luas yang dihasilkan dari pengeringan danau tertutup dan laut. Mineral halit banyak dimanfaat sebagai penghasil Na dan Cl dalam industry kimia, serta untuk pembuatan macam – macam soda seperti bikarbonat.


16. Radioisotop apakah yang digunakan dalam mendeteksi gangguan pada peredaran darah?

Jawab : R adioisotop Na -24.
 

17. Radioisotop apakah yang digunakan dalam mendeteksi gangguan pada kelenjar tiroid?

Jawab : Radioisotop I -131.
 

18. Radioisotop apakah yang digunakan dalam menentukan kecepatan pembentukan senyawa pada proses fotosintesis?

Jawab : Radioisotop C-14.
 

19. Radioisotop apakah yang digunakan dalam mendeteksi penyakit mata,liver dan adanya tumor?

Jawab :Radioisotop P -32.
 

20. Radioisotop apakah yang digunakan sebagai atom perunut sehingga asal molekul air yang terbentuk dapat diketahui?

Jawab : Radioisotop O-18 .

Selanjutnya > Soal No 21-30

Post a Comment for "Contoh Soal Kimia Unsur : Soal No 11-20"