Tata Nama Senyawa Hidrokarbon : Tata Nama Senyawa Alkana


Hello sobat ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya memberikan nama pada senyawa hidrokarbon.

Senyawa hidrokarbon itu apa sih kak ? senyawa hidrokarbon itu merupakan salah satu senyawa organik yang tersusun dari unsur hidrogen dan unsur karbon, dari namanya saja yaitu "hidro" "karbon", kita sudah bisa menebak bahwa senyawa ini disusun oleh unsur karbon dan unsur hidrogen.

Tahukah sobat, senyawa hidrokarbon itu jumlahnya sangat banyak loh di alam kita ini, salah satu contoh senyawa hidrokarbon yang jumlahnya cukup melimpah ialah gas metana ( CH4 ) gas metana ini dihasilkan secara alamiah oleh bakteri methanobacterium dengan cara menguraikan berbagai jenis senyawa karbon dan membentuknya menjadi gas metana.

Senyawa hidrokarbon itu sendiri terdiri dari 3 jenis senyawa yaitu senyawa alkana,alkena dan alkuna. . Oleh karena itu pada panduan kali ini, kita akan belajar memberikan nama pada senyawa hidrokarbon berdasarkan kategori berikut ini.

1.Tata Nama Senyawa Alkana
2.Tata Nama Senyawa Alkena
3.Tata Nama Senyawa Alkuna

Senyawa Alkana,Alkena Dan Alkuna ketiganya merupakan turunan dari senyawa hidrokarbon yang berarti senyawa ini juga disusun oleh unsur karbon  dan unsur hidrogen, perbedaanya hanya dari rumus molekul dan jenis ikatan antar atom yang terdapat pada ketiga senyawa tersebut. supaya lebih jelas lagi silahkan sobat simak perbedaan antara senyawa alkana,alkena dan alkuna pada tabel di bawah ini.

Tata Nama Senyawa Alkana
Karena materi yang akan kita pelajari ini sangat panjang , maka saya menyarankan kepada sobat untuk segera menyediakan kopi dan kacang panggang sebagai camilan agar sobat bisa lebih rileks dan tidak bosan di dalam  memahami materi kita kali ini ? setuju ??

Oke sekarang kita masuk ke kategori yang pertama yaitu tata nama senyawa alkana,, siap ??

Selanjutnya >>Alkana

2 Responses to "Tata Nama Senyawa Hidrokarbon : Tata Nama Senyawa Alkana "

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !