mesothelioma attorney houston,mesothelioma attorney california,mesothelioma compensation,pleural mesothelioma stages,mesothelioma lawyer directory,mesothelioma lawsuit settlements,statute of limitations on mesothelioma claims,lawyers for mesothelioma,mesothelioma settlement fund

Kalium Nitrat ( KNO3 ) : Pengertian, Fakta Dan Kegunaanya ( Part II )

4. Fakta Produksi Kalium Nitrat ( KNO3 )

Dalam skala laboratorium,kalium nitrat dapat dibuat dengan cara mereaksikan ammonium nitrat dengan kalium hidroksida. Begini persamaan reaksinya :

NH4NO3 + KOH → KNO3 + NH3 + H2O

Atau kalium nitrat bisa juga dibuat dengan cara mereaksikan ammonium nitrat dengan kalium klorida. Begini persamaan reaksinya :
NH4NO3 + KCl → NH4Cl + KNO3

Sedangkan dalam skala industri, kalium nitrat dibuat dengan cara mereaksikan kalium klorida dengan natrium nitrat, begini persamaaan reaksinya :

NaNO3 + KCl → NaCl + KNO3

Jadi begitulah cara bagaimana senyawa kalium nitrat diproduksi, dalam skala laboratorium kita bisa menggunakan cara pertama dan cara kedua, sedangkan cara ke 3 digunakan untuk tujuan komersial.

Kegunaan Kalium Nitrat

Kalium Nitrat memiliki banyak manfaat diantaranya banyak digunakan dalam sektor persenjataan seperti pada pembuatan bom. Selain itu kalium nitrat juga digunakan sebagai pupuk, sebagai bahan pembuatan asam nitrat, sebagai bahan tambahan pada pasta gigi untuk gigi sensitif , sebagai elektrolit pada jembatan garam dan sebagai perlindungan anti karat pada logam dan banyak manfaat lainya.

Bahaya Kalium Nitrat

Kalium Nitrat merupakan senyawa garam yang bersifat oxidizer atau agen pengoksidasi sehingga kontak dengan bahan-bahan organik atau bahan reduktor sebaiknya dihindari karena bila kalium nitrat bereaksi dengan bahan tersebut maka akan menimbulkan kebakaran atau bahkan ledakan, oleh karena itu jangan pernah mereaksikan kalium nitrat dengan bahan organik atau bahan reduktor.


Bahaya : Oksidator

Level Oksidator : Level 3

Rivalitas Oksidator : NaNO3

Sumber Gambar : Wikipedia

0 Response to "Kalium Nitrat ( KNO3 ) : Pengertian, Fakta Dan Kegunaanya ( Part II )"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !