mesothelioma attorney houston,mesothelioma attorney california,mesothelioma compensation,pleural mesothelioma stages,mesothelioma lawyer directory,mesothelioma lawsuit settlements,statute of limitations on mesothelioma claims,lawyers for mesothelioma,mesothelioma settlement fund

Natrium Hidroksida ( NaOH ) : Pengertian, Fakta dan Kegunaanya ( Part II )

4. Fakta Produksi Natrium Hidroksida 

Senyawa Natrium Hidroksida diproduksi dalam skala industri dengan cara elektrolisis larutan garamnya atau biasa kita sebut dengan proses khloroalkali. Proses ini dilakukan dengan cara melarutkan garam murni ke dalam air sampai dihasilkan larutan NaCl jenuh, kemudian dilakukanlah suatu elektrolisis yang sangat kompleks yang mana pada proses ini akan dihasilkan 3 senyawa penting yaitu Gas Klorin, Gas Hidrogen Dan Senyawa Natrium Hidroksida. Ketiga senyawa penting ini dipisahkan secara sistematis dan kompleks sehingga kualitas senyawa natrium hidroksida yang dihasilkan bisa bernilai jual tinggi.

Sampai saat ini proses kloroalkali masih digunakan diseluruh negara yang memproduksi senyawa ini, selain lebih mudah dan simple, proses kloroalkali juga lebih hemat biaya produksinya.

Untuk skala laboratorium, NaOH dapat dibuat dengan cara mereaksikan Ca(OH)2 dengan Na2CO3 seperti ditunjukan pada reaksi dibawah ini :

Ca(OH)2 + Na2CO3 → 2NaOH + CaCO3

Padatan CaCO3 yang dihasilkan dapat disaring dan larutan NaOH yang dihasilkan dapat diuapkan agar konsentrasi NaOH yang dihasilkan bisa lebih tinggi.

Kegunaan Senyawa Natrium Hidroksida

Senyawa Natrium Hidroksida memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia industri terutama dalam industri kertas. Dalam proses kraft, senyawa ini digunakan untuk memisahkan lignin dari serat selusosa sehingga dapat memudahkan dalam proses pengolahan selanjutnya. Selain dalam proses industri kertas, senyawa ini juga digunakan dalam pembuatan deterjen, sabun , Pembersih posrselen, PH buffer serta digunakan juga dalam skala analisis laboratorium seperti untuk mensintesis senyawa-senyawa orgnaik.

Bahaya Senyawa Natrium Hidroksida

Senyawa natrium hidroksida bersifat korrosif, sehingga kontak dengan kulit atau mata sebaiknya dihindari.Sifat korrosif dari senyawa NaOH ini dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit kita sehingga alangkah baiknya kita menggunakan sarung tangan disaat bekerja dengan senyawa NaOH.

Bila kulit kita terlanjur bersentuhan dengan senyawa ini, maka sebaiknya segeralah mencuci tangan dengan air yang mengalir selama 10-15 menit untuk mengurangi resiko berbahaya yang timbul selanjutnya.


Bahaya NaOH = Korosif

Level Berbahaya = Level 4
  
Sumber Gambar : Wikipedia Indonesia

8 Responses to "Natrium Hidroksida ( NaOH ) : Pengertian, Fakta dan Kegunaanya ( Part II )"

  1. Apa reaksi NaOH jika bersentuhan dengan pasir dan semen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senyawa NaOH tidak berekasi dengan pasir atau semen mas, kecuali kedua substansi tersebut mengandung bahan-bahan tertentu seperti pasir silika yang dapat bereaksi secara lambat dengan senyawa NaOH, terima kasih...

      Delete
  2. Apabila larutan NaOH ditetesi dengan larutan HCl, apakah secara fungsi atau kandungan NaOH nya berkurang atau hilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaanya mas Andre,Secara fungsi tentu saja kegunaan dari senyawa NaOH menjadi hilang dikarenakan terjadinya reaksi penetralan seperti reaksi dibawah ini :

      NaOH + HCl > NaCl + H2O

      Jadi jika diistilahkan dalam tingkat kegunaanya, maka senyawa tersebut sudah rusak atau tidak dapat digunakan. Terima kasih Mas..

      Delete
  3. Apa bisa dipakai untuk meningkatkan pH tanah? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa mas dikarenakan pH dari NaOH terlalu tinggi sehingga dapat merusak tanaman, untuk meningkatkan pH tanah biasanya digunakan senyawa CaCO3 dan senyawa sejenisnya

      Delete
  4. naoh apa bisa untuk menetralkan air asin pak bila diatasnya ada pasir silika batu ziolit dan carbon aktif

    ReplyDelete

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !