"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Penjelasan Mengenai Entalpi Reaksi ( Termokimia Part III )

Hello Sobat Dan Adik-Adik !! Salam Chemistry !!! Pada postingan kali ini, saya akan melanjutkan penjelasan mengenai termokimia yang mana sebelumnya kita telah mempelajari Reaksi Eksoterm Dan Endoterm serta Sistem Dan Lingkungan. Pada postingan kali ini kita akan mempelajari sub materi selanjutnya yaitu  Entalpi Reaksi . Untuk tidak berlama-lama,sekarang mari kita langsung pelajari sub materi tersebut.

Entalpi Reaksi

Setiap materi yang terdapat di alam kita ini masing-masing memiliki dan menyimpan sebuah energi yang jumlahnya tidak dapat kita ukur secara kuantitatif. Energi-Energi yang disimpan oleh materi tersebut bisa berupa energi kinetik dan bisa juga berupa energi potensial. Energi kinetik merupakan energi yang berhubungan dengan gerak,sedangkan energi potensial merupakan energi yang tidak berhubungan dengan gerak.

Zat cair dan gas seperti air dan oksigen memiliki sebuah energi berupa energi kinetik. energi kinetik yang dimiliki oleh kedua materi tersebut berasal dari pergerakan atom-atom dan molekul-molekul yang dimiliki oleh kedua materi tersebut .Jadi yang perlu adik-adik ingat adalah bahwa semua benda/materi yang terdapat di alam kita ini masing-masing memiliki energi yang jumlahnya tidak dapat kita ukur secara kuantitatif.

Ok, sekarang kita bicara mengenai entalpi reaksi. tetapi sebelumnya mari kita ketahui dulu apa itu Entalpi ( H ). Entalpi merupakan energi yang dimiliki oleh suatu materi yang jumlahnya tidak dapat di ukur secara kuantitatif. sedangkan yang dimaksud dengan Entalpi Reaksi ( △H )  adalah jumlah energi ( Kalor ) yang dilepas atau diserap oleh suatu reaksi kimia. Entalpi reaksi yang dimiliki oleh suatu reaksi kimia bisa bertanda positif dan bisa juga bertanda negatif. jika reaksi kimia tersebut menyerap atau memerlukan energi maka entalpi reaksinya bertanda positif ( + ), dan jika reaksi kimia tersebut melepaskan energi, maka entalpi reaksinya bertanda negatif (- ).

Menerima Energi ( Reaksi Endoterm )     △H = +

Melepaskan Energi ( Reaksi Eksoterm )  △H =  -

Berikut ini contoh-contoh dari entalpi reaksi yang dimiliki oleh suatu reaksi kimia :

1. Entalpi Reaksi Pembentukan Standar  ( △Hf )

Entalpi reaksi pembentukan standar merupakan jumlah kalor yang dilepaskan oleh suatu reaksi kimia untuk membentuk beberapa unsur menjadi suatu senyawa kimia. reaksi pembentukan standar terjadi pada suhu 25 C dan tekanan 1 atm. karena pada reaksi pembentukan standar terjadi pelepasan kalor maka entalpi reaksi yang dihasilkan akan bertanda negatif. Berikut ini entalpi reaksi pembentukan standar dari beberapa zat :

Termokimia
Jadi itulah contoh entalpi reaksi pembentukan standar dari beberapa zat, jumlah kalor yang dihasilkan tergantung dari banyaknya jumlah mol zat yang akan dibentuk, semakin banyak jumlah mol zatnya tentu jumlah kalor yang dilepaskan juga semakin banyak, begitu juga sebaliknya semakin sedikit jumlah mol zatnya maka jumlah kalor yang dilepaskan juga semakin sedikit.

2. Entalpi Reaksi Penguraian Standar ( ⧊Hd )

Entalpi reaksi penguraian standar merupakan jumlah kalor yang butuhkan oleh suatu reaksi kimia untuk menguraiakan senyawa kimia menjadi beberapa unsur pembentuknya ( kebalikan dari reaksi pembentukan ). Reaksi penguraian standar juga terjadi pada suhu 25 C dan tekanan 1 atm. karena pada reaksi penguraian standar terjadi penyerapan kalor maka entalpi reaksi yang dihasilkan akan bertanda positif. Berikut ini entalpi reaksi penguraian dari beberapa zat :

- H2O ➞ H2 + 1/2 O2   ⧍Hd = +285,85 Kj/mol

- NaCl ➞ Na + Cl  ⧍Hd = +411,2 Kj/mol

- CaCO3 ➞ Ca + C + 3/2O2  ⧍Hd = +1207,6 Kj/mol

-dll

Jadi itulah contoh entalpi reaksi penguraian standar dari beberapa zat, jumlah kalor yang dibutuhkan tergantung dari banyaknya jumlah mol dari zat yang akan diuraiakan , semakin banyak jumlah mol zatnya tentu jumlah kalor yang dibutuhkan juga semakin banyak, begitu juga sebaliknya semakin sedikit jumlah mol zatnya maka jumlah kalor yang dibutuhkan juga semakin sedikit.

3. Entalpi Reaksi Pembakaran Standar ( ⧍Hc )

Entalpi reaksi pembakaran standar merupakan jumlah kalor yang dilepaskan oleh suatu reaksi kimia untuk bereaksi dengan oksigen dan membentuk suatu produk. Entalpi reaksi pembakaran standar terjadi pada suhu 25 C dan tekanan 1 atm. karena pada reaksi pembakaran standar terjadi pelepasan kalor, maka entalpi reaksi yang dihasilkan akan bertanda negatif. Berikut ini reaksi pembakaran standar dari beberapa zat :

1. CH4 + 2O2 → CO2 + 2H2O  ⧍Hc = -802 Kj/mol

2. C2H2 + 5/2O2 → 2CO2 + H2O  ⧍Hc = -1256 Kj/mol

3. CH3OH + 3/2O2 ⟶ CO2 + 2H2O  ⧍Hc = -638 Kj/mol

Jadi, itulah contoh dari entalpi reaksi pembakaran standar dari beberapa zat. Jumlah kalor yang dihasilkan tergantung dari banyaknya jumlah mol zat yang dibakar,semakin banyak jumlah mol zatnya tentu jumlah kalor yang dihasilkan juga semakin banyak,begitu juga sebaliknya semakin sedikit jumlah mol zatnya maka jumlah kalor yang dilepaskan juga semakin sedikit.

OK, itulah penjelasan mas dennis mengenai entalpi reaksi, semoga penjelasan mas dennis dapat membantu adik-adik untuk memahami materi tersebut. Baiklah sekian dulu postingan saya kali ini, terima kasih dan salam CHEMISTRY !!!
 

0 Response to "Penjelasan Mengenai Entalpi Reaksi ( Termokimia Part III )"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !