"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part II ( Soal Nomor 3 )

Pada postingan kali ini , mas dennis akan membahas soal no 3 yang mana soal ini merupakan lanjutan dari soal-soal sebelumnya yang kita bahas di materi pertama. sekarang mari kita setarakan reaksi redoks pada reaksi berikut ini !



Baik , langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membagi reaksi menjadi setengah reaksi. Maka reaksi diatas harus kita bagi menjadi setengah reaksi !
- Langkah Kedua, kita setarakan koofesien pada masing-masing ruas !


- Langkah Ketiga, Bila terdapat atom O atau atom H di salah satu ruas , maka jumlah dari atom O dan atom H di kedua ruas harus disetarakan, karena reaksi ini berlangsung dalam suasana asam maka ruas yang kekurangan atom O harus ditambahkan dengan H2O sedangkan ruas yang kekurangan atom H harus ditambahkan dengan H+


Pertama, kita setarakan jumlah atom O nya terlebih dahulu...




Setelah itu, kita setarakan jumlah atom H nya...



-Langkah Keempat, Setarakan muatanya dengan cara menambahkan elektron pada ruas yang memiliki jumlah muatan yang lebih positif,

Sekarang kita setarakan muatan pada reaksi pertama !
Berarti ruas kanan memiliki jumlah muatan yang lebih positif dibandingkan dengan di ruas kiri, maka diruas kanan harus ditambahkan 2 buah elektron agar kedua ruas sama-sama tidak memiliki muatan.

Sekarang kita setarakan muatan pada reaksi kedua !


Berarti ruas kiri memiliki jumlah muatan yang lebih positif dibandingkan dengan di ruas kanan, maka diruas kiri harus ditambahkan 5 buah elektron agar kedua ruas sama-sama memiliki 2 buah muatan positif.

-Langkah Kelima, setarakan jumlah elektron dan jumlahkan kedua reaksi tersebut !

Pekerjaan kita hampir selesai, tugas kita sekarang adalah menyetarakan jumlah elektron dan menjumlahkan kedua reaksi tersebut !.

Pertama, kita setarakan dulu jumlah elektronya !

Maka Hasilnya,,

Dan hasil akhirnya..



Pastikan semuanya sudah setara !


Bersambung....

0 Response to "Cara Menyetarakan Reaksi Redoks Part II ( Soal Nomor 3 )"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !