Cara Membuat Keempat Bilangan Kuantum Dari Suatu Unsur

Hello Sobat Dan Adik-Adik !! Salam Chemistry ! Pada panduan kali ini, mas dennis akan mengajarkan adik-adik bagaimana caranya membuat keempat bilangan kuantum dari suatu unsur, adapun keempat bilangan kuantum yang mas dennis maksud disini ialah bilangan kuantum utama, bilangan kuantum orbital ( Azimut ) , bilangan kuantum magnetik dan bilangan kuantum spin. Sekarang, mari kita bahas dulu pengertian dari keempat bilangan kuantum tersebut.

1. Bilangan Kuantum Utama

Bilangan kuantum utama merupakan bilangan yang menunjukkan besar energi yang dimiliki oleh suatu elektron yang terdapat di dalam suatu atom.Selain dapat menunjukkan besar energi yang dimiliki oleh suatu elektron,bilangan kuantum utama juga dapat menunjukkan besar lintasan orbital atau sub kulit yang dimiliki oleh suatu atom.

Bilangan kuantum utama dilambangkan dengan "n",semakin besar nilai n maka semakin besar energi yang dimiliki oleh suatu elektron dan semakin besar pula lintasan orbitalnya.Begitu juga sebaliknya, semakin kecil nilai n, maka semakin kecil pula energi yang dimiliki oleh suatu elektron dan semakin kecil pula lintasan orbitalnya.

Bilangan kuantum utama memiliki nilai berupa bilangan bulat positif yaitu 1,2,3,4,5,6... dst, sedangkan dalam bentuk sub kulit atom nilainya dilambangkan dengan K,L,M,N,O.. dst.

Baiklah, sekarang mari kita pelajari cara membuat bilangan kuantum utama dari suatu unsur ! Berikut ini langkah-langkahnya !

  • Pertama, yang harus adik-adik lakukan adalah membuat konfigurasi elektron dari unsur tersebut.
  • Kedua, setelah adik-adik buat konfigurasi elektronya, maka langkah selanjutnya yang harus adik-adik lakukan adalah memperhatikan jumlah koofesien yang terdapat pada sub kulit yang terletak paling akhir pada konfigurasi elektron. Jumlah koofesien yang terdapat pada sub kulit tersebut menunjukkan bilangan kuantum utama yang dimiliki oleh unsur tersebut.
Contoh :



Nah, Jadi itulah pengertian dan cara menentukan bilangan kuantum utama dari suatu unsur. sekarang mari kita lanjut ke Bilangan Kuantum Orbital ( Azimut ) .

2. Bilangan Kuantum Orbital ( Azimut ) 

Bilangan kuantum orbital merupakan suatu bilangan yang menunjukkan di sub kulit mana elektron itu bergerak . Bilangan kuantum orbital dilambangkan dengan "l", dan bilangan kuantum orbital memiliki nilai yang mewakili letak elektron di sub kulit tertentu. Berikut ini nilai dari bilangan kuantum orbital berdasarkan letak elektronya di sub kulit tertentu.

Sub kulit  =  s   p    d   f

Nilai l  =      0    1   2   3

Adapun langkah-langkah yang harus adik-adik lakukan untuk membuat bilangan kuantum orbital dari suatu unsur ialah sebagai berikut !

  • Pertama, yang harus sobat lakukan adalah membuat konfigurasi elektron dari unsur tersebut.
  • Kedua, Perhatikan jenis sub kulit yang berada paling akhir pada konfigurasi elektron. Bila jenis sub kulitnya S, maka nilai l nya = 0 , jika sub kulitnya p, maka nilai l nya = 1 dan seterusnya ( Silahkan dilihat pada keterangan diatas ! ) .
Contoh :
Cara Membuat Keempat Bilangan Kuantum Dari Suatu Unsur

Nah, Jadi itulah pengertian dan cara menentukan bilangan kuantum orbital dari suatu unsur. sekarang mari kita lanjut ke Bilangan Kuantum Magnetik.

3. Bilangan Kuantum Magnetik ( m )

Bilangan kuantum magnetik merupakan suatu bilangan yang menentukan orientasi dari orbit elektron dalam medan magnet. Bilangan kuantum magnetik berkaitan erat dengan bilangan kuantum orbital, terutama dalam hal nilai. Misalnya, jika bilangan kuantum orbital dari suatu unsur bernilai 0 maka bilangan kuantum magnetiknya juga bernilai 0. dan jika bilangan kuantum orbitalnya bernilai 1 maka bilangan kuantum magnetiknya memiliki nilai -1 , 0 , +1. Untuk lebih lengkapnya silahkan perhatikan tabel di bawah ini !
Untuk membuat bilangan kuantum magnetik dari suatu unsur, maka langkah-langkah yang harus adik-adik lakukan adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buatlah konfigurasi elektron dari unsur tersebut.
  • Kedua, Perhatikan jenis sub kulit yang berada paling akhir pada konfigurasi elektron.
  • Ketiga, setelah adik-adik perhatikan jenis sub kulitnya, maka langkah selanjutnya yang harus adik-adik lakukan adalah memperhatikan jumlah elektron yang terdapat pada sub kulit yang terletak paling akhir pada konfigurasi elektron, lalu semua jumlah elektron tersebut dimasukkan ke dalam masing-masing kotak sesuai dengan jenis sub kulitnya.

Supaya lebih jelas, perhatikan contoh dibawah ini :



Info :  " Untuk jumlah kotak pada sub kulit s,p,d dan f dapat dilihat pada tabel "

           " Jumlah elektron yang dimasukkan ke dalam kotak bentuknya berupa tanda panah dan dimasukkan secara berurutan dari kiri ke kanan "

           " Bila di dalam kotak terdapat 1 elektron maka arah tanda panah harus menghadap ke atas dan bila di dalam kotak terdapat 2 elektron maka salah satu dari arah tanda panah harus menghadap ke bawah".

Ok, jadi itulah pengertian dan cara menentukan bilangan kuantum magnetik. Sekarang mari kita lanjut ke bilangan kuantum Spin.

4. Bilangan Kuantum Spin ( S )

Bilangan kuantum spin merupakan suatu bilangan yang menunjukkan arah putaran elektron di dalam sub kulit tertentu. Bilangan kuantum spin memiliki nilai +1/2 dan -1/2 . Bilangan kuantum spin bernilai +1/2 jika arah tanda panah pada pengisian terakhir jumlah elektron pada kotak menghadap ke atas, dan bernilai -1/2 jika arah tanda panah pada pengisian terakhir jumlah elektron pada kotak menghadap kebawah.

Contoh :




Ok, jadi itulah pengertian dan cara menentukan bilangan kuantum spin, semoga adik-adik dapat memahaminya ! Baiklah, mungkin sekian dulu panduan mas dennis mengenai cara menentukan keempat bilangan kuantum dari suatu unsur, semoga dapat membantu dan menambah wawasan adik-adik semuanya ! Terima Kasih ! Dan Salam CHEMISTRY !!

1 Response to "Cara Membuat Keempat Bilangan Kuantum Dari Suatu Unsur"

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !