"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Natrium Hidroksida ( NaOH ) : Pengertian, Fakta dan Kegunaanya

Natrium Hidroksida ( NaOH ) merupakan salah satu senyawa ion yang bersifat basa kuat, kaustik dan memiliki sifat korosif dan higroskopik ( suka menyerap air ). Dalam kehidupan kita sehari-hari,senyawa ini biasa kita sebut dengan nama "soda api" atau "kaustik soda",namun untuk nama resmi atau nama perdagangnganya senyawa ini biasa disebut dengan nama "Sodium Hidroksida". Tingkat kelarutan senyawa natrium hidroksida di dalam air cukup tinggi. Pada suhu 0 C, kelarutan natrium hidroksida berada pada kisaran 418 g/L. Pada suhu  20 C, kelarutan natrium hidroksida berada pada kisaran 1150 g/L.Jika dilihat dari data diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa senyawa ini memiliki tingkat kelarutan yang sangat tinggi. Selain itu, ada beberapa fakta-fakta penting dari natrium hidroksida yang perlu kamu ketahui, berikut ini fakta-fakta penting dari Natrium Hidroksida ( NaOH ) :

1. Profil Natrium Hidroksida ( NaOH )

  • Jenis Senyawa : Senyawa Ion
  • Bentuk : Kristal dan Bubuk Bewarna Putih dan Tidak Berbau
  • Densitas : 2,13 gr/cm
  • Titik Leleh : 318 C
  • Titik Didih : 1388 C
  • Tingkat Kelarutan Dalam Air : Suhu 0 C , 418 gr/L. Suhu 20 C , 1150 gr/L
  • Massa Molekul Relatif ( Mr ) = 40
  • Larut Dalam : Air, Methanol,Ethanol, larutan Ammonia dan Eter
  • Bahaya : Bersifat Corrosif 
  • Tingkat Kebasaan ( Pkb ) = 0,2 ( Rank 4 )
  • Rivalitas Asam = HCl

2. Fakta Fisik Natrium Hidroksida ( NaOH )

Natrium Hidroksida memiliki wujud padat pada suhu kamar, bentuknya bisa seperti kristal atau bubuk tergantung pada tujuan atau kegunaan analisisnya. Senyawa ini bewarna putih metalik dan tidak berbau. Tingkat kelarutanya di dalam air juga cukup tinggi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Ketika senyawa ini dilarutkan ke dalam air, maka suhu air akan naik dan suhu disekitarnya akan terasa panas, hal ini terjadi karena pelarutan senyawa ini bersifat eksotermik sehingga sejumlah kalor akan dilepaskan. Hal ini terjadi sama persis dengan pelarutan Asam Sulfat ke dalam air. Ketika dilarutkan,asam sulfat juga dapat melepaskan sejumlah kalor ke lingkungan bebas.

3. Fakta Kimia Natrium Hidroksida ( NaOH )

Senyawa NaOH mungkin merupakan salah satu senyawa paling umum dan paling kita kenal dalam reaksi asam basa seperti reaksi penetralan. Senyawa ini dapat bereaksi dengan asam kuat dan asam lemah untuk membentuk garam, seperti ditunjukkan oleh reaksi dibawah ini :

HCl + NaOH → NaCl + H2O ( Reaksi NaOH dengan Asam Kuat )

CH3COOH + NaOH → CH3COONa + H2O ( Reaksi NaOH dengan Asam Lemah )

Selain dapat bereaksi dengan asam kuat dan asam lemah, senyawa NaOH juga dapat bereaksi dengan oksida-oksida pembentuk asam seperti gas CO2 dan SO2, berikut ini persamaan reaksinya :

NaOH + CO2 → Na2CO3 + H2O

NaOH + SO2 → Na2SO3 + H2O

Bagaimana reaksinya dengan logam ? apakah senyawa NaOH dapat melarutkan logam ? ya, senyawa ini mampu melarutkan logam-logam seperti logam alumunium serta beberapa logam transisi lainya.
Berikut ini persamaan reaksinya :

2NaOH + 2Al + 6H2O → 2 NaAl(OH)4 + 3H2

- Reaksi Pengendapan Oleh NaOH
Dengan menggunakan NaOH, kita dapat mengendapakan senyawa-senyawa logam yang memiliki tingkat kelarutan yang sangat rendah seperti logam golongan transisi dan logam golongan utama seperti timbal (Pb) dan timah (Sn). Berikut ini reaksi pengendapan senyawa-senyawa logam oleh NaOH :

ZnCl2 + NaOH → Na2ZnO2 + H2O

PbSO4 + NaOH → Na2PbO2 + H2O

CuSO4 + NaOH → Cu(OH)2 + H2O

Jadi itulah beberapa reaksi pengendapan senyawa logam oleh senyawa NaOH.

Selanjutnya Fakta Produksi dan Kegunaan NaOH

Selanjutnya >>

12 Responses to "Natrium Hidroksida ( NaOH ) : Pengertian, Fakta dan Kegunaanya"

  1. Slamat siang,apakah naoh2 bisa menetralkan air asin menjadi tawar.tks

    ReplyDelete
  2. Selamat siang kembali mas Tio, Senyawa NaOH tidak dapat digunakan untuk menetralkan air asin mas, Air asin terutama dari air laut biasa dipisahkan kadungan garamnya dengan menggunakan proses reverse osmosis, terima kasih mas

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum, saya sekarang sedang melakukan percobaan untuk membuat garam industri dengan kandungan NaCl >98%, sudah di lakukan skala tambak, kalo menggunakan proses kimia bisa nggak di pakai untuk mempercepat proses nya (kalo bisa japri mas )
    wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsallam Mas, Sejauh yang saya tahu saat ini sudah ada proses pembuatan Garam yang lebih effisien dan lebih menghemat waktu dalam proses produksinya. Proses pembuatan garam itu dikenal dengan sebutan TUF ( Teknologi Ulir Filter ). Teknologi TUF ini bekerja dengan cara mengalirkan Brine ( Air Laut ) menuju ke sebuah wadah penampungan yang diisi berbagai jenis filtrat seperti Ijuk, Batok Kelapa dan Batuan Zeolit dan kemudian Air laut dilewatkan melalui Filtrat-filtrat tersebut. Air laut yang sudah disaring kemudian dialirkan ke dalam wadah yang sudah dilapisi plastik hitam dan kemudian Air laut tersebut dievaporasi. Nah,dengan proses TUF ini penguapan garam menjadi lebih cepat hanya butuh 14 hari saja dan garam yang dihasilkan bisa lebih banyak dibandingkan dengan cara konvensional. Sekian...

      Delete
    2. terimakasih responnya, dengan sistem TUF dan geomembran sekarang sudah saya lakukan,tapi kadar NaCl nya tidak bisa >97%, harus ada perlakuan khusus (kimiawi) terhadap air baku supaya air tua yang akan masuk meja pengkristalan menjadi lebih murni (kandungan pengotornya larut), sehingga kadar nacl nya bisa >97%, kira-kira ada pencerahan (pakai bahan kimia apa) unutuk mencapai tujuan di atas

      Delete
  4. Siang om, kalau panci sudah terkena NaOH kemudian dicuci bersih, apakah panci tsb masih bisa dipakai? Apakah beracun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siang kembali mas, Tergantung dari logam Apa panci anda dibuat, Jika alumunium, maka biasanya NaOH mampu melarutkan logam tersebut tetapi semua itu tergantung bagaimana anda mencegahnya, jika anda segera menyiram logam panci anda dengan air seusai terkena NaOH maka hal itu tidak akan bermasalah dan panci anda akan tetap baik-baik saja. Dan sama sekali tidak beracun jika memang panci anda terbuat dari alumunium.

      Delete
  5. Dalam pembuatan sabun mandi... hampir mayoritas menggunakan Na Oh atau KOH. Apakah kandungan ini baik/aman utk badan ? Mhn penjelasannya

    ReplyDelete
  6. ya dalam pembuatan sabun mandi, biasanya digunakan senyawa KOH yang dikombinasikan dengan minyak atau lemak dalam pembuatan sabun, Hasil kombinasi ini menghasilkan senyawa Kalium Palmitat atau persenyawaan dengan minyak lain, ion K+ dari hasil kombinasi ini sendiri berfungsi sebagai pelarut dan membuang kotoran yang ada pada sel kulit kita sehingga membuat sel kulit tetap bersih , terima kasih...

    ReplyDelete
  7. SELAMAT MALAM MAS,

    Mohon maaf menganggu. Ada yang ingin saya tanyakan. Bisa tidak mas lewat HP, soalnya penting banget dn banyak.

    081903923112 (heru)
    Treimakasih

    ReplyDelete
  8. Selamat malam mas,

    Mohon maaf menganggu. Ada banyak yang ingin saya tanyakan mas. Bisa tidak mas lewat hp. Karena sangat penting dan banyak
    081903923112 (heru)

    ReplyDelete
  9. saya mau nanya NaoH didapat dari mana?

    ReplyDelete

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !