mesothelioma attorney houston,mesothelioma attorney california,mesothelioma compensation,pleural mesothelioma stages,mesothelioma lawyer directory,mesothelioma lawsuit settlements,statute of limitations on mesothelioma claims,lawyers for mesothelioma,mesothelioma settlement fund

Cara Atau Metode Pengendalian Korosi


Korosi merupakan suatu peristiwa bersenyawanya atom oksigen dengan berbagai logam yang menyebabkan rapuhnya logam tersebut. Peristiwa korosi ini tidak dapat dicegah karena hal ini merupakan fenomena alam,tetapi korosi dapat dikendalikan. Metode pengendalian korosi yang bisa kita gunakan saat ini ialah dengan cara Pelapisan ( Coating ), Proteksi Katodik, Pemilihan Material, dan Penambahan zat inhibitor korosi. Sekarang mari kita ulik beberapa metode diatas !

1. Pelapisan ( Coating )

Pelapisan merupakan suatu upaya pengendalian korosi dengan cara melapisi permukaan logam yang akan dilindungi dengan berbagai zat. Misalnya dengan cara menyepuh atau mengecat logam tersebut. Pengecatan dilakukan dengan tujuan untuk membatasi kontak permukaan logam dengan udara atau air sehingga korosi bisa dicegah sedini mungkin. Pengecatan dapat dilakukan dengan cara mengecat logam, vernis, dan dienamel.

Sedangkan penyepuhan merupakan suatu upaya pengendalian korosi dengan cara melapisi logam yang akan dilindungi, dengan logam lain yang lebih tahan karat. Misalnya dengan cara menyepuh logam besi dengan logam krom atau nikel, kedua logam tersebut dapat membentuk lapisan oksida yang tahan karat ( pasivasi ) sehingga besi terlindungi dari korosi. Logam seng juga dapat digunakan untuk melapisi besi ( galvanisasi ), tetapi seng tidak dapat membentuk lapisan oksida seperti krom dan nikel, melainkan seng hanya berkorban demi besi. Sehingga seng akan terkorosi lebih dahulu, setelah seng habis terkorosi maka setelah itu besi akan ikut terkorosi juga.

Penyepuhan dilakukan dengan cara mencelupkan logam yang akan disepuh ke dalam larutan garam logam penyepuh, setelah itu logam yang akan disepuh dijadikan sebagai katoda sedangkan logam penyepuh dijadikan sebagai anoda. lalu dilakukanlah elektrolisis terhadap kedua elektroda tersebut. ion-ion logam penyepuh akan menempel dan membentuk lapisan logam pada logam yang akan disepuh dan lama kelamaan lapisan ini akan semakin besar dan melapisi logam tersebut.

2. Proteksi Katodik

Proteksi katodik merupakan suatu metode yang diterapkan untuk mengendalikan korosi pada besi yang dikubur dalam tanah seperti pipa pertamina, pipa ledeng, dan tangki penyimpanan minyak. Proteksi katodik dilakukan dengan cara menghubungkan besi dengan logam yang lebih reaktif seperti magnesium. Karena magnesium lebih reaktif dari besi,maka magnesium akan teroksidasi terlebih dahulu, jadi bila logam magnesium nya telah teroksidasi maka harus secepatnya diganti dengan logam magnesium yang baru agar besi tidak ikut terkorosi. Proses yang terjadi pada peristiwa diatas dapat kita tulis dalam bentuk persamaan reaksi berikut !

Anoda  =  2Mg → 2Mg2+  +  4e

Katoda =  O2 + 2H2O + 4e  →  4OH-

Reaksi keseluruhan = 2Mg  +  O2  +  2H2O → 2Mg(OH)2 ( korosi )

Oleh sebab itu, logam magnesium yang telah terkorosi harus diganti dengan logam magnesium yang baru agar besi tidak ikut terkorosi.

3. Inhibitor Korosi

Inhibitor korosi merupakan suatu zat kimia yang digunakan untuk menurunkan laju korosi pada logam secara efisien. Proses inhibasi ini dilakukan dengan 2 metode yaitu pertama inhibasi antarmuka dan yang kedua inhibasi antarfase. Inhibasi antarmuka merupakan suatu proses perlindungan terhadap logam dengan cara pembentukan lapisan oksida yang akan melindungi logam dari korosi. sedangkan inhibasi antarfase merupakan upaya pencegahan terhadap korosi dengan cara menetralkan lingkungan yang korosif dengan menambahkan zat-zat kimia tertentu.

4. Pemilihan Material

Pemilihan material merupakan cara paling sederhana untuk mengendalikan korosi. Pilihlah logam-logam yang tahan terhadap karat dan memiliki biaya produksi yang murah seperti baja, serat karbon, kuningan dan logam tahan karat lainya.

Jadi itulah beberapa metode pengendalian korosi yang dapat kita terapkan. Pengendalian korosi ini sangat penting mengingat berbagai konstruksi bangunan banyak menggunakan logam, jadi korosi harus dikendalikan sedini mungkin agar hal-hal yang tidak diinginkan bisa ditanggulangi.

Image By : Wikipedia English

0 Response to "Cara Atau Metode Pengendalian Korosi"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !