"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Batubara : Pengertian, Fakta, Jenis Dan Kegunaanya

                                             Sumber Gambar : Wikipedia Indonesia

A. Pengertian Dan Penjelasan Singkat Mengenai Batubara


Hey guys, kali ini mari kita membicarakan salah satu batuan yang memiliki unsur-unsur kimia yang sangat kompleks dan lengkap yaitu batubara. Batubara ( English : Charcoal ) adalah salah satu batuan sedimen yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan ataupun jasad renik organik yang membusuk selama bertahun-tahun hingga terjadi proses pengerasan dan membentuk senyawa kimia kompleks yang terdiri dari unsur Karbon, Hidrogen, oksigen, Nitrogen dan Belerang.

Beberapa kimiawan memberikan rumus kimia untuk batubara yaitu C137H97O9NS. Batubara juga termasuk sumber daya alam yang melimpah dan mudah diperoleh karena batubara berasal dari pembusukan tumbuhan dan jasad organik yang jumlahnya tidak terhitung sehingga dapatk dikatakan bahwa batubara termasuk sumber energi fosil yang cukup potensial dan murah meskipun keberadaanya kini semakin berkurang karena eksploitasi yang berlebihan.

Batubara juga tidak memiliki pengaruh langsung terhadap perekonomian masyarakat karena pemanfaatanya sendiri masih bergantung pada industri-industri penambangan batubara di indonesia dan masyarakat indonesia belum sepenuhnya memanfaatkan batubara sebagai sumber energi, selain itu masyarakat lebih sering menggunakan kayu bakar ataupun bahan bakar fosil seperti minyak tanah sebagai komoditas utama.

B. Jenis-Jenis Batubara

Batubara terdiri dari beberapa jenis atau tingkatan, tiap jenisnya menentukan seberapa bagus kualitas batubara tersebut. Umumnya batubara yang baik ialah batubara yang mengandung lebih sedikit air. Tiap jenis batubara ini terbentuk karena beberapa faktor seperti tekanan, panas dan juga waktu. baiklah berikut ini jenis-jenis batubara dan tingkatanya dari yang tinggi ke yang rendah :

A. Antrasit, antrasit merupakan jenis batu bara yang memiliki kualitas jempolan. Antrasit memiliki kadar air kurang dari 8% dan didominasi oleh karbon dengan kadar 86-98%. Antrasit berbentuk batuan hitam metalik dan memiliki pori-pori yang sangat kecil.

B. Bituminus, Bituminus juga merupakan batubara dengan kualitas yang cukup baik meskipun kadar kalorinya tidak sebanyak Antrasit. Bituminus disusun oleh Karbon sebanyak 68-86% dengan kadar air berkisar antara 8-15 %

C. Sub-Bituminus, Batubara yang satu ini memiliki kualitas yang rendah karena mengandung banyak air dan sedikit unsur karbon sehingga daya kalorinya rendah. Oh ya batubara jenis ini bersifat lunak dan berpori.

D. Lignit, merupakan batubara yang bewarna coklat dan lunak serta mengandung 75 % air.

E. Gambut, merupakan cikal bakal terbentuknya batubara, kadar airnya berkisar anatar 75-98 % 


C. Proses Pembentukan Batubara

 Proses pembentukan batubara dapat dibilang cukup kompleks dikarenakan melalui tahapan-tahapan tertentu, dimulai dari membusuknya tanaman dan membentuk gambut hingga akhirnya membentuk batuan lignit sampai antrasit. Secara ringkas ada 2 tahapan yang harus dilalui, diantaranya :

a) Tahap Biokimia, pada tahapan ini, terjadi pembusukan tumbuhan yang dibantu oleh mikroorganisme, kemudian proses selanjutnya terjadi proses pembatubaraan yang berlangsung berbulan-bulan yang dipengaruhi oleh berbagai faktor hingga terbentuknya gambut.

b) Tahap Geokimia, pada tahapan ini gambut diubah menjadi batuan lignit hingga antrasit.

D. Materi Pembentuk Batubara

 Seperti yang kita ketahui bahwa batu bara terbentuk dari tumbuhan yang telah membusuk, berikut ini materi pembentuk batubara :

1. Alga , Terjadi pada zaman pre kambrium. sangat sedikit batu bara yang terbentuk pada masa ini. 

2. Silofita, Masih sedikit batubara yang terbentuk dari tumbuhan ini.

3. Pteridofita, merupakan tumbuhan tanpa biji dan bunga 

4. Gymnospermae, jenis tumbuhan yang paling umum kita jumpai saat ini .

5. Angiospermae...


E. Daerah Penghasil Batubara Di Indonesia 

Beberapa daerah di indoensia merupakan penghasil batubara terbaik dan terbesar seperti Bukit Asam, Sumatera Selatan, Kota Baru, Kalimantan Selatan, Sungai Berau, Kalimantan Timur, dan Sawaluntho, Sumatera Barat.

0 Response to "Batubara : Pengertian, Fakta, Jenis Dan Kegunaanya"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !