Mengenal Azidoazida Azida ( C2N14 ), Senyawa Kimia Paling Tidak Stabil Di Dunia



Belakangan, mungkin kita sering mendengar kasus-kasus pemboman suatu tempat ataupun upaya pembunuhan terhadap seseorang dengan menggunakan bahan kimia. Ya, kejadian yang marak terjadi sekarang memang terkadang membuat kita miris dan prihatin terlebih jika korban dari kasus-kasus tersebut dibunuh dengan cara yang keji apalagi dengan menggunakan bahan kimia. Wah sungguh miris ya sobat. Tetapi berbicara mengenai senyawa kimia, saya tertarik untuk membahas salah satu senyawa kimia yang mungin bersifat rare dan jarang diketahui oleh orang banyak. Senyawa kimia itu ialah Azidoazida Azida yang memiliki rumus molekul C2N14.

Kalau boleh jujur, agak ribet ya nama dari senyawa kimia yang satu ini hehehe, Ya Azidoazida Azida merupakan salah satu senyawa kimia yang sangat aneh dan sangat sulit untuk dimengerti. Maksudnya, senyawa kimia ini sangat sulit diteliti oleh para kimiawan karena sifatnya yang sangat tidak stabil dan sangat mudah meledak dalam suhu rendah sekalipun. Mungkin kita belum begitu familiar dengan senyawa-senyawa kimia yang sifatnya tidak stabil seperti Azidoazida Azida ini, tetapi saat ini para kimiawan terus menggali dan meneliti sifat-sifat dari senyawa kimia tersebut untuk mendapatkan data dan sifat yang akurat agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan tertentu.

Azidoazida azida ini memiliki struktur molekul yang terdiri dari 2 atom C dan 14 aton N yang terikat dalam ikatan kovalen, belum jelas apakah ikatan tersebut bersifat polar atau non polar tetapi memang ikatan yang terjadi pada molekul azida ini bersifat sangat tidak stabil dan sangat reaktif terhadap lingkungan sekitar. Bayangkan saja, saat para kimiawan mencoba mengamati struktur spektrum dari senyawa kimia ini, tanpa disangka senyawa ini tiba-tiba explode dan hal itu membuat para kimiawan semakin sulit untuk menliti sifat-sifatnya. Tetapi overall, memang harus diakui bahwa sebenarnya masih banyak lagi senyawa-senyawa kimia yang bersifat tidak stabil dan masih harus diteliti lebih lanjut mengnai sifat dari senyawa kimia tersebut termasuk si Azidoazida Azida ini, mudah-mudahan kedepanya para kimiawan berhasil menemukan dan memanfaatkan senyawa kimia yang bersifat tidak stabil seperti Azidoazida Azida.

Sumber Gambar : Curiosity.com

0 Response to "Mengenal Azidoazida Azida ( C2N14 ), Senyawa Kimia Paling Tidak Stabil Di Dunia"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !