"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Beberapa Salah Kaprah Mengenai Ilmu Kimia Ini Perlu Kamu Buang Jauh-Jauh !

 Hello Sobat Semua ! Apa Kabar ? Saya doakan semoga sobat dalam keadaan baik-baik saja. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi ilmu dan masukkan yang sangat penting untuk kalian ketahui. Perlu diingat bahwa apa yang akan saya sampaikan mengenai ilmu kimia ini merupakan murni suatu pernyataan yang absurd dan perlu diluruskan agar tidak ada lagi pernyataan-pernyataan negatif mengenai ilmu kimia, dan hal ini juga ditujukan agar semua orang tahu bahwa mempelajari ilmu kimia merupakan suatu hal yang sangat penting apalagi ilmu kimia sangat dekat dengan kehidupan kita. Jadi jangan hanya tahu bahwa kimia itu berbahaya saja, tetapi faktanya ilmu kimia itu sangat penting bagi kehidupan kita.

Ok kembali ke laptop, Adapun beberapa pernyataan yang salah kaprah mengenai ilmu kimia ini merupakan hasil pengamatan saya terhadap orang-orang umum dan orang awam yang hanya memandang ilmu kimia hanya pada satu sisi saja dan tidak melihat sisi lainya, Baik berikut ini beberapa pernyataan absurd mengenai ilmu kimia :

1. "Kimia Itu Berbahaya !"


Nah, ini dia salah satu pernyataan pertama yang paling absurd bin konyol yang pernah saya dengar dari orang-orang awam. Mengatakan bahwa kimia itu berbahaya merupakan salah satu pernyataan yang rancu dan hanya memandang kimia hanya dari satu sisi tanpa melihat sisi yang lainya. Coba saja anda renungkan kegiatan yang anda lakukan sedari bangun tidur sampai tidur kembali, apakah anda terlepas dari bahan-bahan kimia ? Saat anda bangun, anda meregangkan badan dan menghirup udara segar yang mengandung Oksigen dan gas KIMIA lainya, kemudian anda minum air putih segar ( H2O ) yang juga merupakan bahan kimia, Lanjut lagi kemudian anda mencuci muka dan menggosok gigi dan perlu anda tahu bahwa pasta gigi juga mengandung bahan KIMIA seperti NaF atau ZnCl2, kemudian anda mandi dan mengenakan pakaian yang juga merupakan suatu bahan KIMIA polimer, selanjutnya anda pergi menggunakan sepeda motor atau mobil yang sumber bahan bakarnya berasal dari bahan KIMIA (lagi), dan seterusnya.

Pertanyaanya, apakah hidup anda lepas dari bahan kimia ? Tidak bukan ! Lantas apakah bahan kimia itu berbahaya ? Sepenuhnya tidak ! Jadi sekali lagi disini saya ingin mengingatkan bahwa kita tidak boleh memandang sesuatu hanya dari satu sisi saja, kita harus terbuka dan memandang sisi yang lain. Kimia itu tidaklah berbahaya jika manusia yang memanfaatkanya mampu mengelolanya dengan benar, karena bagaimanapun juga kimia tidak akan pernah lepas dari keseharian kita dan kimia juga membawa manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia di bumi. Jadi tidaklah elok jika kita mengatakan bahwa "kimia itu berbahaya !" atau  "kimia itu sangat menakutkan !", marilah kita sadari bahwa kimia itu tidaklah seburuk yang kalian pikirkan dan kimia itu sangat besar manfaatnya buat kehidupan kita. Jadi jangan pernah lagi mengatakan bahwa kimia itu berbahaya ya sobat !

2. "Senyawa Kimia Itu Beracun Mas !"


Pernyataan kedua ini sama absurdnya dengan pernyataan yang pertama, Jikalah senyawa kimia itu beracun, maka mulai dari sekarang anda tidak usah menghirup gas O2, tidak usah minum air ( H2O ), tidak usah makan (Glukosa), dan tidak usah menggunakan kendaraan bermotor. Jadi pesan yang ingin saya sampaikan disini ialah kita tidak boleh membuat generalisasi seoalah-olah semua senyawa kimia itu beracun apalagi dengan pernyataan yang heroik dan menvonis kimia itu hanya "racun" saja yang dibahas ! Sekali lagi tidak semua senyawa kimia itu beracun justru senyawa kimia yang tidak beracun jumlahnya jauh lebih banyak dan sangat berguna bagi kehidupan manusia. Contohnya saja oksigen air, bahan bakar kendaraan, bahkan sampai pakaian dan celana dalam yang anda gunakan merupakan senayawa kimia polimer . So berhenti mengatakan senyawa kimia itu familiar dengan racun !

3. "Obat-obatan atau Kosmetik Ini Bebas dari Bahan Kimia Loh mbak/mas ! "


Pernah gak kalian ditawari oleh sales kosmetik atau obat-obatan yang mengatakan bahwa produknya terbebas dari bahan kimia ? Kalau pernah, jangan percaya dengan omonganya karena apa yang dia sampaikan itu absurd dan ngawur ! Mengapa saya berkata begitu ? Nah, ini yang perlu kalian garis bawahi dan catat ! Kita ambil contoh obat-obatan ! Banyak sales obat-obatan yang mengatakan bahwa obat yang ditawarkannya bebas dari bahan kimia dan tidak berbahaya bagi tubuh !

Jujur saja ketika saya ditawari dengan pernyataan sales tersebut, saya langsung merasa ilfeel dan geli dengan apa yang disampaikanya,mengapa ? karena apapun bentuk obat-obatanya dan apapun bahan aktifnya, senyawa kimia akan selalu ada di dalam obat-obatan tersebut ! Kita ambil contoh misalnya Obat malaria, obat malaria mengandung bahan aktif Alkaloid dan Pikrotoksin yang merupakan senyawa kimia aktif yang dapat meredakan penyakit malaria itu sendiri ! dan anda tahu tidak bahwa sebenarnya bahan aktif dalam obat-obatan tersebut sebenarnya diekstrak langsung dari tanaman-tanaman herbal seperti Brotowali atau Sambiloto ? Lalu dimana letak bebas dari bahan kimia nya ?? nyatanya obat-obatan yang kita jumpai tersebut pada umumnya diekstrak dan diambil langsung dari senyawa kimia yang terdapat pada tanaman-tanaman herbal tadi jadi tidak ada yang namanya OBAT-OBATAN YANG BEBAS DARI BAHAN KIMIA ! Sejatinya setiap tanaman herbal tersebut memiliki senyawa kimia yang bermanfaat bagi manusia untuk menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Nah, jadi para pembuat obat biasanya mengambil senyawa kimia dari tanaman-tanaman herbal tersebut untuk dijadikan sebagai obat baik dalam bentuk tablet atau bentuk lainya, Jadi tetap saja obat-obatan itu mengandung senyawa kimia, ngerti !! ? Nah jadi jangan ada lagi yang mengatakan bahwa OBAT INI TIDAK MENGANDUNG BAHAN KIMIA ! ( dengan nada heroik ) Kemudian muncul suara dari langit ! Ndasmu Le ! Obat-obatan kuwi asale saka senyawa kimia sing dijupuk saka tanduran ! hehehehe...

Oke jadi pesan yang ingin saya sampaikan pada artikel ini ialah kita tidak boleh memandang sesuatu hanya dari satu sudut pandang saja, dan kita harus menelisik sesuatu dari sudut pandang yang lain. Apalagi mengenai ilmu kimia dan semua yang berkaitan dengan kimia. Jadi kimia itu tidaklah seburuk yang anda pikirkan dan kimia itu sangatlah erat kaitanya dalam kehidupan kita . saya selaku mahasiswa pendidikan kimia tentunya wajib untuk menyampaikan hal tersebut agar tidak ada lagi salah kaprah dan pernyataan negatif mengenai ilmu kimia.

0 Response to "Beberapa Salah Kaprah Mengenai Ilmu Kimia Ini Perlu Kamu Buang Jauh-Jauh !"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !