"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan

Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan

Pengertian seni rupa
Pengertian seni rupa

Pengertian seni rupa

Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan - Sebelumnya apa sih itu seni rupa? Nah seni rupa ialah cabang seni yang bisa ditangkap oleh mata dan dapat dirasakan oleh indra peraba seperti tangan. Apakah dirumah anda terdapat lukisan? Lukisan biasanya digunakan untuk menghias dingding tapi apakah kamu tahu bahwa lukisan termasuk seni rupa?ya lukisan termasuk seni rupa dua dimensi dan ada juga seni rupa tiga dimensi seperti patung ya teman teman. Nah berikut adalah alat dan bahan seni rupa dua dimensi diantaranya :
a) pensil
Pensil merupakan alat yang digunakan untuk menggambar atau membuat sketsa awal lukisan yang terbuat dari grafit.
b) pena
Penggunaan pena untuk menggambar telah digunaakan sejak abad pertengah,garis yang dibuat pena lebih tebal daripada pensil.
Berikut ini beberapa jenis pena yang ada disekitar kita :
1. Pena bambu,pena ini dapat dibuat dan diatur sendiri bentuk ketebalan ujungnya yang digunakan untuk menghasilkan goresan.
2.pena bulu,adalah apabila bulu itu memang sudah lepas dari binatangnya(ayam bebek dan sebagainya)
3.pena batang,seperti halnya pena bulu pena ini pun berasal dari ranting atau batang pohon.
4.pena logam,pena logam sudah umum digunakan dan dapat dibeli ditoko.tebal tipisnya garis yang dihasilkan pena ini tergantung dari bentuk ujung pena nya.
b)kuas
Kuas merupakan alat pokok dalam menggambar selain pena dan pensil. Kualitas kuas tersebut bisa ditentukan oleh kualitas bulu dan teknik pencengkraman pada gagang nya.
c) Arang
Arang adalah barang yang paling mudah didapat karena arang dapat dibuat sendiri. Arang yang dijual dipasaran biasanya Arang batangan,arang pensil,arang serbuk,dan arang cetak atau press.
d) pastel
Pastel adalah media yang menyerupai kapur tulis tetapi dibuat dengan pigmen warna dicampur dengan zat pengikat berupa resin dan plaster.
e) Tinta
Pada saat ini tinta gambar dibuat dari pigmen warna, shellsc dicampur air,sedangkan pada zaman dahulutinta hitam dibuat dari campuran jelaga dengan lem sejenis cuka.
f) Cat air
Cat air adalah media seni rupa yang memiliki sifat khusus yaitu tembus pandang/transparan. Apabila terjadi susunan warna tumpang tindih itu menimbulkan efek warna yang tertindih tidak tertutup sepenuhnya.
g) cat poster
Cat poster tergolong cat air karena medium pengenceran nya menggunakan air,cat ini berbeda dengan cat air biasa karena sifatnya yang cepat kering dan dapat digunakan seperti cat minyak yakni dengan warna pekat karena tidak ada warna berikutnya.
h)cat akrilik
Cat akrilik dibuat dengan bahan pigmen sintetis,yaitu polivinil asetat(plastik).cat ini juga termasuk jenis cat air karena dalam penggunaannya dapat menggunakan air sebagai pengencerannya.
i) cat minyak
Cat minyak dugunakan untuk menggambarkan ilusi keruangan dengan memainkan gelap terang dari benda yang digambarkan. Sesuai dengan namanya cat ini memerlukan minyak khusus untuk mencairkannya dan daya keringnya sangat lambat.
j) kertas
Ada dua jenis kertas yang digunakan melukis dan menggambar yaitu kertas buatan pabrik dan tangan. Kertas buatan pabrik berstandar kualitasnya sedangkan kertas buatan tangan dibuat khusus untuk mendapatkan karakter tertentu guna keperluan khusus pula.
k) kanvas
Kanvas ditemukan setelah ditemukannya cat minyak. Kanvas terbuat dari bahan kain, kain di bentangkan pada spanram kemudian diberi pelekat untuk menutupi pori pori kain.
2. Alat dan bahan seni rupa tiga dimensi
a) bahan lunak
Kertas,karton,gabus dan styrofom termasuk bahan lunak. Bahan bahan ini relatif mudah didapat dan membentuknya dapat dengan alat yang sederhana seperti pisau,silet dan gunting.
b) bahan liat
Terdiri dari beberapa jenis seperti tanah liat, gips, plastisin dan lilin.
c) bahan keras
Yang termasuk bahan keras ialah batu,kayu dan logam oleh karena itu bahan ini sulit dibentuk maka diperlukan alat alat khusus untuk membentuknys seperti gergaji,gunting,dan alat pembentuk berupa pahat.




Tags :


pengertian seni rupa 2 dimensi
pengertian seni rupa terapan
pengertian seni rupa murni
pengertian seni rupa menurut para ahli
pengertian seni rupa indonesia
pengertian seni rupa multidimensi
pengertian seni rupa beserta gambarnya
pengertian seni rupa secara umum
alat dan bahan seni lukis
contoh seni lukis
sejarah seni lukis
fungsi seni lukis
aliran seni lukis
pengertian seni lukis menurut para ahli
manfaat seni lukis
jenis jenis seni lukis

0 Response to "Pengertian seni rupa Beserta alat dan Bahan"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !