pengertian perubahan sosial menurut para ahli lengkap

hakikat dan perubahan sosial 

Hakikat perubahan sosial

 

setiap masyarakat pasti mengalami perubahan pada dasarnya, perubahan merupakan proses medifikasi stuktur sosial dan pola budaya pada masyarakat tersebut.

perubahan sosial yaitu gejala umum yang terjadi pada setiap masyarakat. perubhan yang terjadi pada masyarakat meliputi perubahan-perubahan norma sosia, pola pola sosial,imteraksi sosial,pola perilaku,organisasi sosial,lembaga masyarakat,serta susunan kekuasaan dan kewenangan.

berikut pandangan para ahli tentang perubahan sosial :

1. Emile durkheim, menyatakan bahwa perubahan sosial yang terjadi sebagai hasil hasil ekologis dan demografis.

2. Max weber ,yaitu perubahan situasi dalam masyarakat sebaai akibat ketidaksesuaian insu unsur.

3. Roucek dan warren ,yaitu perubahan sosial sebagai perubahan dalam proses sosial atau dalam stuktur sosial.  

4. kingsley davis ,yaitu perubahan sosial sebagai perubahan perubahan yang terjadi dalam stuktur dan fungsi masyarakat .

5. w. kornblum ,yaitu perubahan sosial budaya adalah perubahan suatu budaya masyarakat secara bertahap dalam jangka waktu panjang .

6. prof. Selo Soemardjan, menurutnya perubahan sosial adalah perubahan perubahan yang terjadi dalam lembaga kemabaga kemasyarakatan di dalam masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.

7. Robert M.I Lawang, menurutnya perubahan sosial adalah proses ketika suatu sistem sosial terdapat perbedaan perbedaan yang dapat diukur dan terjadi dalam kurun waktu tertentu .

 8. Gillin dan Gillin, menyatakan bahwa perubahan sosial terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, idiologi, maupun adanya difusi atau penemuan penemuan baru dalam masyarakat .

9. Robert Marison Mac Iver, menyatakan perubahan sosial adalah perubahan dalam bidang hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan dalam hubungan sosial tsb .

10. Samuel Koening, menyatakan bahwa perubahan sosial adalah modifikasi modifiksi yang terjadi dalam pola pola kehidupan manusia tersebut.



tags: 
contoh perubahan sosial
>

perubahan sosial sosiologi
>
materi perubahan sosial
>
teori perubahan sosial
>

perubahan sosial dalam masyarakat
>





0 Response to "pengertian perubahan sosial menurut para ahli lengkap"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !