Mengenal Negara-Negara ASEAN

Mengenal Negara-Negara ASEAN

 Gambar 1.1 Letak geografis negara-negara ASEAN

Mengenal Negara-Negara ASEAN - Association of South East Asian Nations atau sering disingkat ASEAN adalah sebuah organisasi yang memiliki anggota negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Organisasi ASEAN berdiri pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, ASEAN ini di prakarsa lima negara, yaitu negara Indonesia, Malaysia, FIlipina, Thailand dan Singapura. Saat ini, ASEAN sendiri memiliki anggota 10 negara, yaitu Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina dan Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja , Laos dan Vietnam. Silahkan anda amati  Gambar 1.1 Letak geografis negara-negara ASEAN diatas untuk menggambarkan letak geografi dan letak koordinat untuk negara-negara ASEAN.

Letak Geografis Negara-Negara ASEAN

Secara geografis letak suatu daerah bisa dilihat dari kenyataannya di bumi dan bisa dibandingkan dengan beberapa posisi dari daerah lain. Silahkan anda perhatikan pertanyaan dibawah ini dan jawablah :

·        Negara apa yang terletak paling utara ?
·        Negara apa yang terletak paling selatan ?
·        Negara apa yang terletak paling barat ?
·        Negara apa yang terletak paling timur ?

Negara-Negara Asean biasanya memiliki besar wilayah laut dengan luas rata-rata sekitar 5.060.100 km². Dan luas dari daratannya ± 4.817.000 km². Negara-negara asean juga memberikan sumbangan cukup besar untuk pendapatan masyarakat. Diantara negara-negara asean yang lainnya itu hanya Laos yang tidak memiliki satupun laut. silahkan anda identifikasi di  Gambar 1.1 Letak geografis negara-negara ASEAN diatas.


Coba anda perhatikan negara mana saja yang berdekatan dan berbatasan dengan negara Laos. Jika dilihat dari letak geografis, ASEAN itu terletak di antara dua samudra dan juga dua benua. Samudra itu adalah Hindia dan Pasifik dan untuk dua benuanya adalah Asia dan Australia. Coba perhatikan gambar dibawah ini :

Gambar 1.2 Letak Geografis Negara-negara asean

Jika dilihat dari bentuk secara geografis dari negara-negara ASEAN itu memiliki ciri sebagai berikut :
·         Compact yaitu berbentuk hampir seperti lingkaran, misalnya saja negara Kamboja
·         Fragmented adalah berbentuk kepulauan yang terpisah, misalnya saja Indonesia
·         Elongated adalah berbentuk memanjang, misalnya saja Vietnam
·         Protructed adalah bentuknya yang lebih kompleks dan juga beragam, yang biasanya terdapat seperti “tangan” yang memanjan, misalnya saja Thailand dan juga Myanmar.

Letak Koordinat Negara-Negara ASEAN

Letak koordinat merupakan titik yang berpedoman pada sebuah garis latitude/garis lintang dan juga longitude/garis bujur yang merupakan suatu daerah pada peta. Dan letak koordinat seringkali disebut dengan letak astronomis. Maka anda bisa mengamati Gambar dibawah ini mengenai titik koordinat paling utara, paling selatan dan titik paling barat dan juga titik paling timur dari berbagai negara-negara ASEAN.


tags
profil negara asean lengkap
11 negara anggota asean
negara asean dan keterangannya
11 negara asean beserta keterangannya
negara negara asia tenggara lengkap
letak geografis negara asean
iklim negara asean
profil 11 negara anggota asean lengkap
sebutkan letak geografis negara asean
letak geografis asean brainly
iklim negara asean
letak bujur dan lintang negara asean
kondisi geografis negara negara asean
letak koordinat negara asean
posisi negara asean dari indonesia
letak koordinat asean

0 Response to "Mengenal Negara-Negara ASEAN"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !