Panduan : Pengertian Dan Cara Menentukan Isotop,Isobar,Isoton dan Isoelektron


Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya menentukan isotop,isobar dan isoton.

Bila kita lihat secara sekilas, Unsur-unsur kimia yang terdapat pada tabel periodik memiliki jumlah nomor atom dan nomor massa yang berbeda-beda, selain dari segi jumlah nomor atom dan nomor massa, perbedaan lainya yang dapat kita lihat yaitu dari segi sifat dan karakteristik yang dimiliki oleh masing - masing unsur tersebut. dari segi sifat , kita bisa identifikasikan berdasarkan wujud yang dimiliiki oleh suatu unsur dalam suhu kamar ( 25 C ) apakah ia berwujud padat, cair atau gas ? setiap unsur pasti memiliki wujud yang berbeda-beda.

Sekarang kita lihat lagi dari segi karakteristik, dari segi karakteristik kita bisa identifikasikan berdasarkan titik didih dan titik leleh yang dimiliki oleh suatu unsur, setiap unsur pasti memiliki titik didih dan titik leleh yang berbeda-beda.

Tetapi, meskipun setiap unsur memiliki jumlah nomor atom dan nomor massa serta sifat dan karakteristik yang berbeda-beda, ternyata diantara unsur tersebut ada yang memiliki kesamaan , baik dari segi jumlah nomor atom maupun nomor massanya. Nah, pada panduan ini, kita akan membahas kesamaan yang dimiliki oleh suatu unsur berdasarkan jumlah nomor atom dan nomor massa yang dimiliki oleh unsur tersebut. So disimak baik-baik ya sob !!

A. Isotop

Isotop merupakan "unsur-unsur yang memiliki jumlah nomor atom yang sama, dan pada unsur yang sama tetapi memiliki jumlah nomor massa yang berbeda". jadi dapat disimpulkan bahwa pada isotop ini, unsur -unsurnya memiliki kesamaan dalam jumlah nomor atom, tetapi berbeda dalam jumlah nomor massanya. Berikut ini contoh dari isotop :

isotop,isobar,isoton dan isoelektron

isotop,isobar,isoton dan isoelektron

B. Isobar

Isobar merupakan kebalikan dari isotop , pengertianya yaitu "unsur-unsur yang memiliki jumlah nomor atom yang berbeda dan pada unsur yang berbeda tetapi memiliki jumlah nomor massa yang sama". jadi dapat disimpulkan bahwa pada isobar ini unsur-unsurnya memiliki kesamaan dalam jumlah nomor massa, tetapi berbeda dalam jumlah nomor atomnya. berikut ini contoh dari isobar :




C. Isoton

Isoton merupakan unsur-unsur yang memiliki nomor atom yang berbeda dan jumlah nomor massa yang berbeda serta pada unsur yang berbeda. Loh jadi yang sama apa mas dennis ? yang sama ialah jumlah neutronya yang dapat kita cari dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom.Berikut ini contoh dari isoton :




D. Isoelektron

Isoelektron merupakan unsur-unsur yang memiliki kesamaan dalam jumlah elektron. Berikut ini contoh dari isoelektron :



Ok, begitulah penjelasan mengenai isotop, isobar, isoton,dan isoelektron. sekarang kita masuk ke contoh soal  untuk menentukan isotop,isobar dan isoton dari suatu unsur !

Tentukanlah Isotop,Isobar dan Isoton dari unsur dibawah ini !



Pertama,kita cari isotopnya, ingat rumus ASUS ( nomor Atom Sama Unsur Sama ) sehingga unsur-unsur yang merupakan isotop ialah :


Sekarang kita cari isobarnya, ingat rumus MAS ( Nomor Massa Atom Sama ) ! Sehingga unsur-unsur yang merupakan isobar ialah :



Terakhir kita cari isotonnya, ingat ! isoton ialah unsur-unsur yang memiliki jumlah neutron yang sama, sehingga unsur-unsur yang merupakan isoton ialah :



Ok, demikianlah panduan mas dennis mengenai cara menentukan Isotop , Isobar , Dan Isoton serta Isoelektron, Semoga bermanfaat bagi sobat atau adik-adik semua ! Terima Kasih ! Dan Salam CHEMISTRY !!!

2 Responses to "Panduan : Pengertian Dan Cara Menentukan Isotop,Isobar,Isoton dan Isoelektron"

  1. Kenapa contoh nya yg diawal nomor atom ada diatas dan nomor massa ada dibawah, mana yang benar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf telah membuat bingung anda mas Adi, yang jelas nomor massa jumlahnya lebih besar dari nomor atom...

      Delete

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !