"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Senyawa Elektrolit Kuat,Elektrolit Lemah dan Non Elektrolit

Senyawa Elektrolit
Hello Sobat dan Adik-Adik ! Salam Chemistry !! Pada postingan kali ini, mas dennis akan membahas dan akan mengupas tuntas mengenai senyawa elektrolit kuat,elektrolit lemah dan non elektrolit .Dipostingan ini kita juga akan memahami pengertian dari senyawa elektrolit dan senyawa non elektrolit yang juga akan disertai dengan penjelasan dan ilustrasi gambar yang interaktif !! So silahkan siapkan kacang panggang dan teh hangat untuk mememani sobat dan adik-adik saat membaca panduan yang gurih ini !... Ok,sekarang marilah kita masuk ke sub materi kita yang pertama yaitu Pengertian dan Penjelasan Mengenai Senyawa Elektrolit Dan Senyawa Non Elektrolit.

A.Pengertian dan Penjelasan Mengenai Senyawa Elektrolit Dan Senyawa Non Elektrolit

Pernakah adik-adik mendengar kata "elektrolit" ? ya biasanya kita sering mendengar kata ini di iklan-iklan televisi yang menawarkan minuman "berelektrolit" yang dipercaya mampu mengatasi dehidrasi dan dapat menggantikan ion-ion tubuh yang hilang.Nah, tahukah sobat arti dari minuman berelektrolit itu sendiri ? minuman berelektrolit itu artinya minuman tersebut mengandung ion-ion terlarut seperti ion Na+, Ca2+, Mg2+ , Cl- , K+ dll, kelima ion tersebut merupakan ion yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh,sehingga ion-ion tersebut ditambahkan ke dalam minuman berelektrolit.

Jadi, berdasarkan penjelasan diatas, mas dennis dapat simpulkan bahwa yang dimaksud dengan elektrolit itu ialah "ion-ion yang terlarut di dalam pelarut air". Sedangkan yang dimaksud dengan senyawa elektrolit itu ialah "salah satu senyawa kimia yang apabila senyawa kimia tersebut dilarutkan ke dalam air, maka ia akan terurai membentuk ion-ion , baik membentuk ion positif maupun membentuk ion negatif".

Supaya lebih jelas, silahkan adik-adik perhatikan gambar di bawah ini !

Senyawa Elektrolit
Senyawa Elektrolit

Info : Hasil dari pelarutan senyawa elektrolit disebut dengan larutan elektrolit
  
Dari gambar diatas, adik-adik bisa lihat ,, Sebelum senyawa NaCl dilarutkan ke dalam air,senyawa tersebut hanya berupa molekul-molekul yang tersusun dan terikat rapat pada antar atomnya. tetapi setelah dilarutkan ke dalam air, ikatan antar atom NaCl putus dan masing-masing atom membentuk ion positif dan ion negatif.

Ok begitulah penjelasan mengenai senyawa elektrolit, sekarang kita akan bahas mengenai senyawa non elektrolit.

"Senyawa non elektrolit merupakan salah satu senyawa kimia yang apabila senyawa kimia tersebut dilarutkan ke dalam air maka ia tidak akan terurai membentuk ion-ion, melainkan hanya berbentuk molekul-molekul yang tidak bermuatan".

Berikut ini contoh pelarutan senyawa non elektrolit ke dalam air...

Senyawa Non Elektrolit


Info : Hasil dari pelarutan senyawa non elektrolit disebut dengan larutan non elektrolit

Dari gambar diatas sobat bisa lihat, ketika senyawa methanol dilarutkan ke dalam air, senyawa ini larut dalam bentuk molekul-molekul bukan dalam bentuk ion-ion , hal ini menandakan bahwa senyawa metanol merupakan salah satu dari senyawa non elektrolit.

Ok, itulah penjelasan mengenai senyawa elektrolit dan senyawa non elektrolit, sekarang kita masuk ke sub materi kedua yaitu Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Senyawa Elektrolit Kuat Dan Senyawa Elektrolit Lemah.

2. Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Senyawa Elektrolit Kuat Dan Senyawa Elektrolit Lemah

Senyawa elektrolit terdiri dari 2 jenis yaitu senyawa elektrolit kuat dan senyawa elektrolit lemah.nah, pada sub materi ini mas dennis akan membahas kedua jenis senyawa elektrolit tersebut, jadi silahkan disimak baik-baik penjelasan mas dennis !

A. Senyawa Elektrolit Kuat

Senyawa elektrolit kuat ialah suatu senyawa elektrolit yang apabila senyawa elektrolit tersebut dilarutkan ke dalam air, maka ia akan terurai membentuk ion-ion sebanyak 100 %, artinya seluruh molekul-molekul dari senyawa elektrolit tersebut akan berubah menjadi ion-ion.

Berikut ini contoh ilustrasi gambarnya..

Senyawa Elektrolit Kuat

Info : Hasil dari pelarutan senyawa elektrolit kuat disebut dengan larutan elektrolit kuat

B. Senyawa Elektrolit Lemah

Senyawa elektrolit lemah ialah suatu senyawa elektrolit yang apabila senyawa elektrolit tersebut dilarutkan ke dalam air, maka ia akan terurai membentuk ion-ion sebanyak kurang dari 100 %, artinya hanya sebagian dari molekul-molekul senyawa elektrolit tersebut yang akan berubah menjadi ion-ion.

Berikut ini contoh ilustrasi gambarnya..

Info : Hasil dari pelarutan senyawa elektrolit lemah disebut dengan larutan elektrolit lemah

Ok, itulah penjelasan singkat dari mas dennis mengenai senyawa elektrolit kuat,elektrolit lemah, dan non elektrolit.semoga adik-adik dapat mengerti dan memahami ketiga jenis senyawa elektrolit tersebut. oke deh apabila adik-adik masih bingung atau punya pertanyaan, jangan malu-malu silahkan sampaikan keluh kesah adik-adik di kolom komentar ! Terima Kasih !! dan Salam CHEMISTRY !!!

0 Response to "Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Senyawa Elektrolit Kuat,Elektrolit Lemah dan Non Elektrolit"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !