Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Derajat Ionisasi


Hello Sobat Dan Adik-Adik ! Salam Chemistry !! Pada postingan kali ini, mas dennis ingin memberikan suatu penjelasan singkat mengenai derajat ionisasi, adapun materi yang akan kita bahas pada postingan kali ini ialah Pengertian dan Penjelasan singkat mengenai derajat ionisasi.Jadi cukup sediakan teh hangat untuk menemani adik-adik membaca postingan yang segar ini,,ok sekarang kita langsung ke tkp ...

Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Derajat Ionisasi

Derajat Ionisasi merupakan persentase jumlah dari molekul-molekul senyawa elektrolit yang berubah menjadi ion-ion, Maksudnya disini ialah derajat ionisasi itu menunjukkan jumlah dari molekul molekul senyawa elektrolit yang berubah menjadi ion-ion.


Biasanya derajat ionisasi dilambangkan dengan a ( alfa ) yang memiliki rentang nilai 0-1. jika nilai a suatu senyawa elektrolit bernilai 1, itu artinya seluruh molekul-molekul dari senyawa elektrolit tersebut akan berubah menjadi ion-ion, dan jika nilai a suatu senyawa elektrolit bernilai 0,5, itu artinya 50 % dari seluruh molekul-molekul dari senyawa elektrolit tersebut akan berubah menjadi ion-ion, sedangkan 50 % nya lagi tidak berubah menjadi ion-ion.

Contohnya seperti senyawa Asam format berikut.

Derajat Ionisasi
Dari gambar diatas adik-adik bisa lihat, terdapat 4 molekul senyawa asam format yang terlarut di dalam air tetapi yang berubah menjadi ion hanya 1 molekul, berarti nilai derajat ionisasinya adalah :
1 Molekul / 4 molekul = 0,25 atau 25 %.

Ok, itulah penjelasan singkat dari mas dennis mengenai derajat ionisasi, semoga dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan adik-adik semua. Ok deh , apabila adik-adik masih bingung atau punya pertanyaan, jangan sungkan-sungkan silahkan sampaikan pertanyaan adik-adik di kolom komentar ! Terima kasih !! dan salam CHEMISTRY !!

0 Response to "Pengertian Dan Penjelasan Mengenai Derajat Ionisasi"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !