Macam-Macam Korosi Berdasarkan Kondisi Lingkungan Serta Cara Pengendalianya ( Part II )


Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan mengenai macam-macam korosi berdasarkan kondisi lingkungan, yang mana kita akan lanjutkan ke pembahasan jenis korosi berikutnya.

5. Korosi Celah, yaitu merupakan korosi yang terjadi di sela-sela gasket, sambungan bertindih, sekrup-sekrup atau kelingan yang terbentuk oleh kotoran-kotoran endapan atau timbul dari produk-produk karat. Korosi ini terjadi akibat adanya perbedaan konsentrasi O2 antara celah dan sekitar. Pada bagian celahan ( O2 kurang ) bersifat anodik. Pengendalianya : Hindari terjadinya celah dan bersihkan karat di permukaan.

6. Korosi Sumuran, yaitu korosi berbentuk lubang-lubanhg pada permukaan logam karena hancurnya film dari proteksi logam, antara satu tempat dengan tempat lainya pada permukaan logam tersebut. Kerusakan dimulai akibat komposisi yang tidak homogen atau goresan. Pengendalianya : Permukaan logam diperhalus dan diberi inhibitor.

7. Korosi Selektif, akibat terlarutnya suatu unsur yang bersifat lebih anodik dari suatu paduan,  misalnya pelepasan seng dari paduan tembaga.

8. Korosi Erosi, Terjadi akibat adanya aliran fluida yang cepat dan bersifat korosif pada permukaan logam.

9. Korosi Mikroba, terjadi akibat adanya mikroba atau bakteri.

Jadi itulah macam-macam korosi berdasarkan lingkunganya semoga artikel diatas dapat menambah wawasan kamu semua !

Referensi : Yayan Sunarya, Kimia Dasar II

0 Response to "Macam-Macam Korosi Berdasarkan Kondisi Lingkungan Serta Cara Pengendalianya ( Part II )"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !