Jenis jenis sampel beserta pengertiannya lengkap


Jenis jenis sampel beserta pengertiannya


Jenis jenis sampel

1) JENIS-JENIS PENGAMBILAN SAMPEL 
a. Probability sampling
Yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap umur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel.
Teknik ini meliputi :
Simple random sampling,pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu.cara demikian dilakukan bila populasi dianggap homogen melalui cara undian,memilih bilangan dari daftar bilangan
secara acak.
Proportionate stratified random sampling,teknik digunakan bisa populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional.
Disproportionate stratified random sampling,teknik ini digunakan untuk menentukan jumlah sample bila populasi berstrata tetapi kurang proporsional.
Clustar sampling (area sampling) = digunakan untuk menentukan sample bila obyek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas.
Pengambilan sampel ditetapkan secara bertahap dari wilayah yang luas sampai wilayah terkecil,kemudian baru dipilih sampel acak.
b. Non probability sampling
Yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel.
Teknik ini meliputi :
Sampling sistematis,teknik pengambilan sampel berdasarkan urutan  dan anggota populasi yang telah diberi nomer urut.
Sampling kuota,teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota yang diinginkan).
Sampling insidental,teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan,yaitu siapa saja yang secara kebetulan atau insidental bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel,bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.
Sampling purposive,teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel ini lebih cocok untuk peneliti kualitatif atau peneliti yang tidak melakukan generalisasi.
Sampling total,teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Snowball sampling,teknik penentuan sampel yang mula-mula jumlahnya kecil,kemudian membesar,

0 Response to "Jenis jenis sampel beserta pengertiannya lengkap"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !