Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan unsur intrinsik dalam cerpen


Penjelasan unsur intrinsik dalamcerpen

 
Penjelasan unsur intrinsik dalam cerpen
Penjelasan unsur intrinsik dalam cerpen
Penjelasan unsur intrinsik dalam cerpen - Cerpen atau cerita pendek merupakan salah satu karya sastra yang memberikan gambaran tentang cerita atau kisah dengan alur tertentu. Deskripsi dari penggambaran yang sering dilakukan pada cerpen akan melibatkan makhluk hidup seperti manusia. Cerita pendek memiliki alur yang singkat dan sangat padat bila dibandingkan dengan cerbung atau cerita bersambung.

Pada cerpen terdapat unsur yang membangun plot atau jalan cerita. Unsur itu terdiri dari intrinsik dan ekstrinsik. Masing-masing dari unsusr ini akan mempengaruhi seluruh penggambaran yang diberikan pada cerpen. Unsur intrinsic sendiri terdiri dari 7 bagian. Berikut ini penjelasan unsur intrinsik yang harus diketahui seperti:


1.       Tema
Setiap cerpen pasti memiliki tema dasar. Penjelasan unsur intrinsik seperti ini menjadi dasar penting dalam sebuah cerpen. Tema sendiri sering digunakan sebagai awal mulai yang menjadi latar belakang dari sebuah ide untuk cerpen. Salah satu unsur ini bersifat sangat dinamis. Artinya, tema dari cerpen bisa diambil dari mana saja termasuk lingkungan sekitar penulis. Selain itu, tema juga bisa menjadi bagian dari kisah hidup yang dialami penulis.

2.       Tokoh dan penokohan
Unsur intrinsik lainnya yang ada pada cerpen yaitu tokoh dan penokohan. Ini adalah dua hal yang sangat berbeda. Tokoh merupakan orang atau subjek yang terlibat dalam sebuah cerita. Sedangkan penokohan merupakan watak yang menjadi gambaran dari sikap, karakter, sudut pandang dalam sebuah cerita. Ada beberapa jenis tokoh yang biasanya terdapat pada cerpen seperti:
a.       Protagonis. Tokoh utama dalam cerita yang memiliki karakter atau sifat yang baik.
b.      Antagonis. Ini adalah tokoh yang juga menjadi pemeran utama namun dengan karakter dan sifat yang negative.
c.       Tritagonis. Ini adalah jenis tokoh yang menjadi penengah diantara Protagonis dan Antagonis.
d.      Figuran. Tokoh ini hanya dijadikan sebagai pendukung untuk membuat jalan cerita menjadi menarik.

3.       Plot atau alur cerita
Penjelasan unsur intrinsik lainnya akan melibatkan alur cerita atau plot. Penulis harus menyampaikan jalan cerita yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan itu seperti:
a.       Pengenalan
b.      Penanjakan
c.       Klimaks
d.      Anti Klimaks
e.      Penyelesaian

4.       Latar atau setting yang digunakan
Ada beberapa elemen latar belakang yang menjadi bagian penting dari sebuah cerpen. Setting itu akan melibatkan suasana, waktu dan tempat. Seluruh bagian elemen saling terintegrasi satu dengan lainnya.

5.       Sudut pandang atau perspektif
Penulis cerpen juga harus memiliki perspektif dalam menyampaikan ceritanya. Ada beberapa sudut pandang yang sering digunakan seperti sebagai orang pertama, kedua hingga ketiga. Beberapa penulis lain juga sering menjadi pencerita atau orang yang berada di luar.

6.       Gaya bahasa yang digunakan
Setiap penulis cerpen selalu memiliki gaya bahasa berbeda. Gaya bahasa yang digunakan selalu menjadi ciri khas dari cerpen itu sendiri. Hal ini akan berkaitan dengan diksi, majas dan lainnya.

7.       Amanat
Selalu ada pelajaran atau pesan moral yang didapat dalam setiap cerpen. Amanat yang ada di dalam cerpen itu tidak tertulis namun tersirat dalam setiap pembaca.




Tags:
Unsur intrinsik terdiri dari apa saja?

Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik cerpen?

Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen?

Apa saja unsur intrinsik dan ekstrinsik?

Apa yang dimaksud unsur ekstrinsik cerpen?

Apa yang dimaksud unsur intrinsik dalam cerpen?

Apa saja unsur intrinsik dalam dongeng?

Apa yang dimaksud dengan cerita pendek?

Apa yang dimaksud dengan unsur intrinsik novel?
unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
unsur intrinsik novel
pengertian unsur intrinsik dan ekstrinsik
pengertian cerpen
analisis unsur intrinsik cerpen
unsur intrinsik bahasa jawa
unsur unsur cerpen
pengertian unsur ekstrinsik cerkak

Post a Comment for "Penjelasan unsur intrinsik dalam cerpen"