"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Panduan : Pengertian Dan Cara Menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Dari Suatu Senyawa Kimia


Hello Sobat Dan Adik-Adik !! Salam Chemistry !!
 
Pada panduan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya menentukan rumus molekul dan rumus empiris dari suatu senyawa kimia.

Tak dapat dipungkiri, di alam kita ini terdapat jutaan senyawa kimia, baik senyawa kimia yang sudah diciptakan sendiri oleh alam maupun senyawa kimia yang dibuat oleh manusia di laboratorium. Semua senyawa kimia tersebut memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda-beda baik dari segi fisik, sifat dan kegunaanya dalam kehidupan kita.

"Salah satu perbedaan mendasar yang dapat kita lihat antara suatu senyawa kimia dengan senyawa kimia lain yaitu rumus molekul yang dimiliki oleh senyawa kimia tersebut."
 
Rumus molekul itu apa ya kak ? Rumus Molekul itu merupakan rumus yang menyatakan jumlah dan jenis atom yang menyusun suatu senyawa, contohnya air, air memiliki rumus molekul H2O yang berarti senyawa air tersebut disusun oleh 2 jenis atom yaitu atom H dan atom O serta jumlah masing-masing atom terdiri dari 2 atom H dan 1 atom O, jadi hal inilah yang dimaksud dengan rumus molekul.

Sekarang kita bahas mengenai rumus empiris, rumus empiris itu sama dengan rumus molekul ya kak ? Ya tepat sekali, rumus empiris itu tidak jauh berbeda dengan rumus molekul , karena sama-sama menunjukan jumlah dan jenis atom yang menyusun suatu senyawa , bedanya pada rumus empiris ini perbandingan jumlah atomnya disederhanakan sekecil mungkin , contohnya pada senyawa benzena, benzena memiliki rumus molekul C6H6 , untuk membuat rumus empirisnya maka masing-masing jumlah atom harus dibagi 6 agar perbandingan jumlah atomnya menjadi lebih sederhana , sehingga rumus empiris dari senyawa C6H6 ialah CH.

Ok, agar sobat bisa lebih paham silahkan sobat perhatikan Rumus Molekul dan Rumus Empiris dari senyawa kimia dibawah ini.

Nama Senyawa
Rumus Molekul
Rumus Empiris
Etena
C2H2
CH
Glukosa
C6H12O6
CH2O
Heksana
C6H14
C3H7
Butana
C4H10
C2H5
Asam Etanoat
C2H4O2
CH2O

Bagaimana sobat, sangat mudahkan menentukan rumus empiris dari suatu senyawa kimia bila rumus molekulnya diketahui ? bagaimana jika sobat disuruh mencari rumus empiris dari suatu senyawa kimia tetapi rumus molekulnya tidak diketahui, melainkan hanya massanya yang diketahui ? Waduhh gimana caranya mas ? nah, salah satu cara yang harus sobat lakukan untuk mencari rumus empiris dari suatu senyawa kimia yang hanya diketahui massanya saja ialah dengan cara “membandingkan mol masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut”, agar lebih jelas saya akan jelaskan langkah-langkahnya satu persatu :

Pertama, sobat harus cari dulu mol dari masing-masing atom yang menyusun senyawa kimia tersebut. setelah itu barulah dibuat perbandingan mol dari masing-masing atom penyusunya, hasil perbandingan itulah yang akan menjadi rumus empiris dari senyawa kimia tersebut.
 
Oke deh supaya kita bisa lebih paham mendingan kita langsung saja ke contoh soal untuk menentukan rumus empiris dari suatu senyawa kimia bila diketahui massanya. Silahkan disimak !!

1. Di dalam suatu wadah, terdapat suatu senyawa kimia yang setelah diteliti ternyata senyawa kimia tersebut mengandung 42 gr kalsium dan 145 gr gas klorin, maka tentukanlah rumus empiris dari senyawa kimia tersebut ! ( Ar Ca = 40  Mr Cl2 = 71 )

Nah, untuk menjawab soal diatas maka langkah pertama yang harus kita lakukan ialah mencari mol masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

Mol Ca = gr/Ar                    
             = 42/40 = 1,05 Mol                 

Mol Cl2 = gr/Mr
                = 145/71 = 2,04 Mol

Setelah kita dapatkan molnya, maka barulah kita buat perbandingan mol dari masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

= Mol Ca : Mol Cl2
= 1,05 : 2,04
= 1 : 2

Dari hasil perbandingan dapat kita simpulkan bahwa senyawa kimia tersebut terdiri dari 1 atom Ca dan 2 atom Cl maka rumus empirisnya ialah CaCl2 .

2. Suatu senyawa kimia mengandung 42 gr kalsium , 15 gr nitrogen dan 50 gr oksigen, maka tentukanlah rumus empiris dari senyawa kimia tersebut!  ( Ar Ca : 40  Ar N = 14  Ar O = 16)

Seperti biasa, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari mol masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

Mol K = gr/Ar                                             
           = 42/39 = 1,07 Mol                            

Mol N = gr/Ar
            = 15/14 = 1,07 Mol

 Mol O = gr/Ar
             = 50/16 = 3,125 Mol

Setelah itu kita buat perbandingan mol dari masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

= Mol K : Mol N : Mol O

= 1,07 : 1,07 : 3,125

= 1 : 1 : 3

Dari hasil perbandingan dapat kita simpulkan bahwa senyawa kimia tersebut mengandung 1 atom K , 1 atom N dan 2 atom O maka rumus empirisnya ialah KNO3.

3. Suatu senyawa kimia X mengandung 36 % karbon , 8 % Hidrogen dan sisanya oksigen. Maka tentukanlah rumus empiris dan rumus molekul dari senyawa X tersebut ! ( Mr X = 184 ). ( Ar C = 12  Ar H  = 1  Ar  O  = 16 )

A. Seperti biasa, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari mol masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

Mol C = karena dalam bentuk persen,maka kita ubah saja langsung ke bentuk gr
           = gr/Ar
           = 36/12 = 3 Mol

Mol H = gr/Ar
            = 8/1 = 8 Mol

Mol O = gr/Ar
            = 56/16 = 3,5 Mol

Setelah itu kita buat perbandingan mol dari masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

= Mol C : Mol H : Mol O
=  3 : 8 : 3

Dari hasil perbandingan dapat kita simpulkan bahwa senyawa kimia tersebut mengandung 3 atom C , 8 atom H dan 3 atom O maka rumus empirisnya ialah C3H8O3 .

B. Nah , sekarang kita cari rumus molekulnya

Untuk mencari rumus molekul dari senyawa X tersebut, maka kita gunakan rumus :

( CxHxOx )n = Mr                          
( x Ar C + x Ar H + x Ar O )n = Mr
 Xn = Mr                                                
  n = Mr/x

Ket :

x = Jumlah Atom

n = angka yang akan dikalikan dengan rumus empiris
                                              
Sekarang, kita masukkan ke rumus :

( C3H8O3 )n = 184
( 3 . Ar C + 8 . Ar H + 3 . Ar O )n = 184
( 3. 12 + 8. 1 + 3. 16 )n = 184
( 36 + 8 + 48 )n = 184
( 92 )n = 184

n = 184/92 = 2

Setelah itu , nilai n kita kalikan dengan rumus empirisnya

( C3H8O3 ) . 2 = C6H16O6
 
Jadi rumus molekul dari senyawa X ialah C6H16O6
 
4. Suatu senyawa kimia mengandung 12 gr karbon dan 3 gr hidrogen. Maka tentukanlah rumus empiris dan rumus molekul dari senyawa kimia tersebut ! ( Dik : Mr = 30 )  ( Ar C  = 12  Ar H = 1 )

A. Seperti sebelumnya, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari mol masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

Mol C = gr/Ar                        
           = 12/12 = 1 Mol                       

Mol H = gr/Ar
            = 3/1 = 3 Mol

Setelah itu kita buat perbandingan mol dari masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

= Mol C : Mol H 

= 1 : 3

Dari hasil perbandingan dapat kita simpulkan bahwa senyawa kimia tersebut mengandung 1 atom C , 3 atom H maka rumus empirisnya ialah CH3 .

B. Rumus molekulnya dapat kita cari dengan cara menggunakan rumus yang telah kita buat sebelumnya :

( CH3 )n = Mr
( CH3 )n = 30
( 1 . Ar C + 3 . Ar H )n = 30
( 12 + 3 )n = 30
( 15 )n = 30

n = 30/15 = 2

Selanjutnya n kita kalikan dengan rumus empirisnya

= ( CH3 ) . n
= ( CH3 ) . 2 = C2H6
 
Jadi rumus molekul dari senyawa tersebut ialah C2H6
 
5. Sebanyak 100 gr senyawa karbon terbakar secara sempurna menghasilkan 220 gr gas karbon dioksida dan 90 gr air. Tentukanlah rumus empiris dari senyawa karbon tersebut !

Pertama, kita buat persamaan reaksinya terlebih dahulu..

CxHxOx + O2 → CO2 + H2O

Untuk mencari rumus empiris dari senyawa karbon tersebut maka langkah yang harus kita lakukan ialah mencari Massa masing-masing atom yaitu atom C,H,O dengan cara berikut ini.

Massa Atom C = 1 . Ar C / Mr CO2 x massa CO2
                          = 12/44 x 220
                          = 60 gr

Massa Atom H = 2. Ar H / Mr H2O x massa H2O
                          = 2/18 x 90
                          = 10 gr

Massa Atom O = 100 - ( Massa atom C + Massa atom H )
                          = 100 - ( 60 + 10 )
                          = 100 – 70 = 30 gr

Lalu kita cari mol dari masing-masing atom diatas dengan cara membagi massanya dengan Ar masing-masing atom.

Mol Atom C = gr/Ar
                      = 60/12 = 5 mol

Mol Atom H = gr/Ar
                       = 10/1 = 10 mol

Mol Atom O = gr/Ar
                       = 30/16 = 1,8 atau 2 mol

Setelah itu kita buat perbandingan mol dari masing-masing atom penyusun senyawa kimia tersebut.

Mol C : Mol H : Mol O

 5 : 10 : 2

Dari hasil perbandingan dapat kita simpulkan bahwa senyawa kimia tersebut mengandung 5 atom C , 10 atom H dan 2 atom O maka rumus empirisnya ialah C5H10O2 .

Bagaimana sobat, sudah pahamkan cara menentukan rumus empiris dan rumus molekul dari suatu senyawa kimia ? saya harap panduan yang saya buat ini dapat sekiranya membantu sobat memahami materi kita kali ini, namun sebelumnya saya mohon maaf karena saya tidak menjelaskan secara detail mengenai cara menentukan rumus molekul karena dalam menentukan  rumus molekul , itu kita tinggal melakukan perkalian koofesien dengan Ar lalu membaginya dengan Mr dari senyawa yang kita cari rumus molekulnya ( seperti contoh soal no 3 dan 4 ), jadi bisa dibilang "gak susah-susah amatlah" hehehe...

Oke deh, sekian dulu postingan saya , apabila sobat masih bingung atau punya pertanyaan sobat bisa berkomentar diakhir artikel ini, Terima Kasih !! dan Salam Chemistry !!


0 Response to "Panduan : Pengertian Dan Cara Menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Dari Suatu Senyawa Kimia"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !