"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Panduan : Cara Menentukan Jumlah Proton,Elektron Dan Neutron Dari Suatu Unsur


Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini, kita akan belajar bagaiamana caranya menentukan jumlah proton,elektron dan neutron dari suatu unsur kimia.

Proton,elektron dan neutron itu apa sih kak ? Proton,elektron dan neutron ketiganya merupakan suatu muatan yang mengisi atom suatu unsur. Proton bermuatan positif,elektron berumuatan negatif dan neutron bermuatan netral ( tidak bermuatan ). Tiap unsur kimia memiliki ketiga muatan tersebut kecuali Hidrogen ( hidrogen tidak memiliki neutron ), inti atom hidrogen bersifat stabil di saat memiliki 1 proton sehingga neutron tidak diperlukan oleh atom hidrogen.

Tiap unsur kimia juga memiliki ketiga muatan tersebut dalam jumlah yang berbeda-beda, ada unsur yang memiliki jumlah elektron lebih banyak dan mungkin ada unsur yang memiliki jumlah proton lebih banyak, semuanya itu tergantung dari "nomor atom dan nomor massa " yang dimiliki oleh unsur tersebut.

Sebelum menentukan jumlah dari proton,elektron dan neutron yang dimiliki oleh suatu unsur, maka ada 2 hal penting yang perlu sobat perhatikan terlebih dahulu, pertama "jumlah dari proton dan elektron yang dimiliki oleh suatu unsur dapat kita tentukan dengan cara melihat nomor atomnya "

Contohnya Begini :
Cara Menentukan Jumlah Proton,Elektron dan Neutron
Maka unsur X di atas memiliki 5 buah elektron dan 5 buah proton, jumlah ini didapat dari nomor atom yang dimiliki oleh unsur X tersebut. Dan jumlah dari neutron dapat kita cari dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom....

Maka unsur X diatas memiliki 5 buah neutron, jumlah ini didapat dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom ( 10 -5 =  5 )...

Kedua, sobat perlu perhatikan jenis dari unsur yang akan sobat cari jumlah proton dan elektronya, apakah unsur tersebut merupakan unsur bebas atau unsur ion ? Jika ia merupakan unsur bebas maka jumlah proton dan elektronya dapat kita cari dengan cara melihat nomor atomnya langsung, seperti contoh di atas.

Dan jika ia merupakan unsur ion, maka jumlah elektronya ditentukan dari jenis unsur ion tersebut, apakah ia ion positif atau ion negatif ? Jika ia merupakan ion positif, maka jumlah elektronya akan berkurang dari jumlah no atomnya, dan jika ia merupakan ion negatif maka jumlah elektronya akan bertambah dari nomor atomnya. sedangkan jumlah dari proton dan neutron tetap.

Contohnya Begini :
Cara Menentukan Jumlah Proton,Elektron dan Neutron
Unsur diatas merupakan unsur ion bermuatan positif , maka jumlah elektronya dapat dipastikan akan berkurang karena unsur tersebut melepaskan elektron, sehingga jumlah elektron = ( no atom-no muatan) = 12-2 = 10
sedangkan jumlah protonya tetap ditentukan sesuai dengan nomor atom yang dimiliki oleh unsur tersebut maka jumlah protonya = 12, dan jumlah neutronya tetap kita cari dengan cara mengurangi nomor massa dengan nomor atom sehingga jumlah neutronya = ( 24 - 12 ) = 12.

Unsur diatas merupakan unsur ion yang bermuatan negatif, maka jumlah elektronya dapat dipastikan akan bertambah karena unsur tersebut menangkap elektron, sehingga jumlah elektronya = ( no atom + no muatan ) = 16 + 2 = 18, sedangkan jumlah protonya tetap ditentukan sesuai dengan no atom yang dimiliki oleh unsur tersebut, maka jumlah protonya = 16 dan jumlah neutronya tetap kita cari dengan cara mengurangi no massa dengan no atom sehingga jumlah neutronya = ( 32 - 16 ) = 16.

Wokkeeehh... itulah 2 hal penting yang harus sobat perhatikan sebelum menentukan jumlah proton,elektron dan neutron dari suatu unsur. Sekarang kita masuk ke contoh soal untuk menentukan jumlah proton,elektron dan neutron yang dimiliki oleh suatu unsur. Disimak Ya Sob !!


Selanjutnya >>

9 Responses to "Panduan : Cara Menentukan Jumlah Proton,Elektron Dan Neutron Dari Suatu Unsur"

  1. jadi ingat waktu SMA dulu, belajar kimia,
    namun setelah kuliah sampai sekarang karena tidak pernah di review dan digunakan, lupa :)

    Terima kasih dan salam kenal Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas wadiyo.. terima kasih ya mas telah berkunjung ke blog saya... :)

      Delete
  2. Mas, kalau naruh no massa itu yang betul di bagian atas, bawah, atau boleh dibolak balik dengan no atom seperti yang tertulis di artikel ? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak ada aturan yang benar-benar mengikat mengenai peletakan posisi nomor massa dan nomor atom ini mas, tetapi biasanya orang-orang menulis nomor massa di bagian bawah dan nomor atom di bagian atas, terima kasih mas atas pertanyaanya.. :)

      Delete
  3. nomor atom harusnya d bagian bawah mas karena kalo di bagan atas ketika mencari neutron akan bernilai negatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih mas eko atas masukkanya, tetapi bagaimanapun juga rumus untuk mencari jumlah neutron ialah Nomor Massa - Nomor Atom dan biasanya nomor massa jumlahnya lebih besar daripada nomor atom sehingga dimanapun nomor atom kita tempatkan tidak akan mempengaruhi jumlah neutron nya apalagi sampai jumlah neutronya bernilai negatif :) karena kita menggunakan rumus yang sudah saya sebutkan tadi, Tetapi memang untuk mempermudah kita untuk mempelajarinya mungkin tidak ada salahnya meletakan nomor atom di bagian bawah, sekali lagi terima kasih banyak mas eko atas masukkanya :)

      Delete
  4. seharusnya jawaban nyanwutrin nya 32 - 16 = 24 jawaban nya neutron itu yg benar

    ReplyDelete
  5. Maksih ya...
    Di jelasin guru saya malah gangerti...
    Disini jelas batt saya ampe ngerti

    ReplyDelete

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !