"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Tata Nama Senyawa Benzena Dan Turunanya

Hello Sobat ! Salam Chemistry !! Pada panduan kali ini kita akan belajar bagaimana caranya memberikan nama pada senyawa benzena dan turunanya.

Senyawa Benzena merupakan suatu senyawa kimia yang memiliki rumus molekul C6H6,senyawa ini memiliki titik didih sebesar 80 C dan titik leleh sebesar 5 C. Senyawa benzena memiliki 3 ikatan rangkap dan 3 ikatan tunggal pada struktur molekulnya. Ikatan rangkap pada senyawa benzena terletak selang seling setelah ikatan tunggal. Berikut ini struktur molekul dari senyawa benzena.


Nah,sobat sudah tahukan bahwa ikatan rangkap pada senyawa alkena dapat diubah menjadi ikatan tunggal dengan melalui reaksi adisi ? "Ya sudah tau dong kak !!" Nah, pada senyawa benzena hal tersebut tidak dapat dilakukan karena ikatan rangkap pada senyawa benzena sangat kuat dan kokoh. Selain itu, ikatan rangkap pada senyawa benzena akan mengalami resonansi saat diadisi, Resonansi merupakan suatu proses berpindahnya ikatan rangkap pada struktur senyawa benzena.

Jadi ikatan rangkap pada senyawa benzena tidak dapat diganggu gugat oleh reaksi adisi. Ketika diadisi,ikatan rangkap pada senyawa benzena hanya akan mengalami resonansi.

Oke,setelah kita membahas mengenai penjelasan dari senyawa benzena,sekarang barulah kita masuk ke materi penamaan senyawa benzena.Materi penamaan senyawa benzena ini saya bagi menjadi 3 diantaranya :

1. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki Satu Subtituen
2. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki 2 Subtituen Sejenis dan Tidak Sejenis
3. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki 3 Subtituen Sejenis dan Tidak Sejenis

Khusus untuk panduan kali ini, kita akan bahas materi pertama yaitu Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki Satu Subtituen. Ok , sekarang Lets Study it!!

1. Penamaan Senyawa Turunan Benzena Yang Memiliki Satu Subtituen

Atom H yang terikat pada senyawa benzena sebenarnya dapat di subtitusi atau diganti dengan senyawa atau atom lainya,proses pensubtitusian atom H ini merupakan reaksi satu-satunya dari senyawa benzena, proses pensubtitusian atom H pada senyawa benzena dapat kita lihat pada contoh reaksi dibawah ini :

A. Reaksi subtitusi atom H dengan atom Cl pada reaksi benzena dengan gas Klorin

B. Reaksi antara benzena dengan Asam Nitrat

Jadi, atom C pada senyawa benzena tidak dapat disubtitusi ya kak ? ya tidak bisa sob ! ( doain saya ya supaya bisa menemukan cara mensubtitusi atom C pada senyawa benzena hehehe ), Jadi atom C pada senyawa benzena tidak dapat disubtitusi karena pengaruh kekuatan ikatan rangkap tadi sob,dan juga pengaruh terjadinya resonansi juga menjadi alasan mengapa atom C pada senyawa benzena sulit untuk disubtitusi, jadi hanya atom H nya lah yang dapat disubtitusi oleh molekul/atom unsur lain.

Oke deh berikut ini contoh turunan senyawa benzena yang memiliki 1 subtituen beserta nama IUPAC dan trivialnya, saya sarankan sobat agar bisa menghapal contoh turunan senyawa benzena berikut ini !





 Ok, Jadi itulah contoh senyawa benzena yang memiliki 1 subtituen. Di panduan selanjutnya kita akan lanjutkan membahas Penamaan Senyawa Benzena Yang Memiliki 2 Subtituen Sejenis Dan Tidak Sejenis ! Terima Kasih Dan Salam CHEMISTRY !!!

0 Response to "Tata Nama Senyawa Benzena Dan Turunanya"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !