Kalium Nitrat ( KNO3 ) : Pengertian, Fakta Dan Kegunaanya


Kalium Nitrat ( KNO3 ) merupakan salah satu senyawa garam yang bersifat elektrolit kuat.Senyawa ini memiliki 2 buah ion yang terdiri dari ion K+ dan ion NO3-. Kalium nitrat merupakan senyawa garam yang menjadi salah satu sumber penting dari gas nitrogen yang ada di alam. Biasanya mineral yang kaya akan kalium nitrat ialah mineral niter.
Dalam kehidupan kita sehari-hari,senyawa ini biasa kita sebut dengan nama "sendawa chili". Nama ini memang terlihat cukup unik mengingat chili merupakan salah satu negara yang memproduksi senyawa ini dalam jumlah besar. Tingkat kelarutan kalium nitrat dalam air cukup tinggi, dalam suhu 0 C dan 1 L air, kelarutanya dapat mencapai 133 gr. Jumlah kelarutanya ini terbilang cukup masif meskipun tidak sebanyak Natrium Nitrat yang dapat larut lebih banyak pada suhu dan volume yang sama. Baiklah untuk tidak berlama-lama lagi,marilah kita ulik beberapa fakta penting mengenai kalium nitrat, berikut ini fakta-fakta penting dari kalium nitrat ( KNO3 ) :

1. Profil Kalium Nitrat

  • Jenis Senyawa : Senyawa Ion
  • Bentuk : Kristal Bewarna Putih Dan Tidak Berbau
  • Densitas : 2,109 g/cm3
  • Titik Leleh : 334 C
  • Titik Didih : Terdekomposisi membentuk KNO2 pada suhu 400 C
  • Tingkat Kelarutan Dalam Air : Suhu 0 C = 133 gr/l ,  Suhu 20 C = 316 gr/l.
  • Massa Molekul Relatif ( Mr ) = 101
  • Larut dalam : Air, Gliserol dan Ammonia
  • Bahaya : Bersifat Oxidizer atau Oksidator

2. Fakta Fisik Kalium Nitrat ( KNO3 )

Kalium Nitrat merupakan senyawa garam yang berwujud padat dalam suhu kamar, senyawa ini berbentuk kristal metalik bewarna putih dan tidak berbau. Tingkat kelarutan kalium nitrat di dalam air cukup baik, pada suhu 0 C kalium nitrat dapat larut sebanyak 133 gr/l, pada suhu 20 C kalium nitrat dapat larut sebanyak 316 gr/l dan pada suhu 100 C kalium nitrat dapat larut sebanyak 2460 gr/l.
Jika diperhatikan,kelarutan kalium nitrat semakin tinggi seiring bertambahnya suhu air, hal ini merupakan hal yang sangat lumrah mengingat senyawa garam merupakan senyawa yang apabila suhu pelarutnya dinaikkan maka kelarutanya akan juga bertambah karena adanya energi kisi dari senyawa garam tersebut. Bila dilarutkan ke dalam air, senyawa ini akan menyerap energi dari lingkungan alias reaksi pelarutanya bersifat endoterm sehingga suhu air akan turun di saat senyawa ini kita larutkan kedalamnya. pH dari larutan KNO3 berkisar antara 6,2 - 7,0 , hal ini menunjukkan bahwa senyawa KNO3 bersifat netral. Tidak seperti senyawa NaOH, Senyawa kalium nitrat tidak bersifat higroskopik.

3. Fakta Kimia Kalium Nitrat ( KNO3 )

Kalium Nitrat merupakan senyawa elektrolit kuat, bila dilarutkan ke dalam air maka kalium nitrat akan mengion menjadi ion K+ dan ion NO3-. Selain menunjukkan sifatnya sebagai senyawa ion, kalium nitrat juga bersifat "Oxidizer" alias agen pengoksidasi yang kuat. Artinya senyawa ini dapat mengoksidasi zat lain,sementara dia sendiri mengalami reduksi. Bila direaksikan dengan senyawa yang bersifat reduktor maka reaksinya dapat menimbulkan ledakan. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati terhadap senyawa yang bersifat oksidator. karena sewaktu-waktu pada pemanasan dan pencampuran dengan senyawa reduktor, senyawa ini bisa menjadi tidak stabil. Sifat oxidizer dari kalium nitrat ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan pada pembuatan bahan peledak,seperti bom "Blackpowder" yang biasa digunakan pada perang dunia I oleh pasukan tentara amerika.


Selanjutnya Fakta dan Kegunaan Kalium Nitrat

Selanjutnya >>

27 Responses to "Kalium Nitrat ( KNO3 ) : Pengertian, Fakta Dan Kegunaanya"

  1. Kalium nitrat klw di larutin ke dlm air larutan nya berwarna apa..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap bening, karena ion K+ tidak memiliki pantulan spektrum elektron layaknya ion-ion logam transisi seperti Cu2+ yang berwarna biru atau Fe2+ yang bewarna merah-kekuningan, Terima kasih..

      Delete
  2. Replies
    1. Tidak mas, KNO3 hanya larut pada pelarut polar seperti Air, sedangkan bensin merupakan pelarut non polar sehingga ia tidak akan larut dalam bensin.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas komentarnya tidak sengaja terhapus, pertayaan mas ialah dimana membeli senyawa KNO3 ? Ya senyawa KNO3 bisa mas tedy dapatkan di toko pupuk atau di toko kimia, Terima kasih..

      Delete
  4. kno3 kalau di panasin apakah bisa menjadi seperti air pada suhu 334 C? dan pada suhu kamar apakah kembali ke bentuk serbuk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaanya mas Fresly, Senyawa KNO3 akan mengalami dekomposisi menjadi senyawa KNO2 pada suhu diatas 400 C, jadi senyawa ini tidak mengalami perubahan wujud menjadi cair..

      Delete
  5. fungsi KNO3 pada pembuatan keramik sbg apa?

    ReplyDelete
  6. Apakah benar yang disebut senyawa chili itu KNO3?, karena yang saya pelajari sendawa chili itu NaNO3. Karena sifat NaNO3 adalah higroskopis, maka penggunaanya diganti dengan KNO3.

    ReplyDelete
  7. gans, maksud dri mineral terpenting dri nitrogen adalah KNO3 yg trdapat di india dan NaNO3 yg trdpt di cili...mksud dri yg trdpt di india dan di cilj tu ap gans?

    ReplyDelete
  8. maksud dri sndawa KNO3 yg trdapat di india tu ap gans,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaanya gan, Maksudnya ialah senyawa NaNO3 tersebut keberadaaanya memang mendominasi di daerah tersebut sehingga nama dari senyawa kimia ini lebih familiar dengan nama daerah tersebut

      Delete
  9. Dalam kadar yang rendah kalium nitrat relatif tidak beracun, tetapi dalam kadar yang sedang samapi tinggi , kalium nitrat dapat bersifat racun

    ReplyDelete
  10. Yang Butuh KNO3 bisa Hububgi saya. 08315435774

    ReplyDelete
  11. yang butuh KNO3 bisa hubungi saya di no 08315435774

    ReplyDelete
  12. KNO3 + glukosa ( cairan gula ) akan menjadi senyawa apa Pak ? dan apa pula kegunaan nya ?
    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas pertanyaannya mas, KNO3 tidak dapat bereaksi dengan cairan glukosa untuk membentuk suatu senyawa, tetapi KNO3 dapat bereaksi dengan sukrosa untuk membentuk suatu campuran yang bersifat eksplosif. Bom asap merupakan salah satu campuran yang dihasilkan dari Sukrosa dan Kalium Nitrat

      Delete
  13. Selamat pagi mas..
    Dalam industri cetak flexo (waterbase) ada permintaan setelah cetak, paperboard di coating dengan larutan Air+KNO3(8:1) itu maksudnya apa ya mas ?
    Apakah larutan tersebut mudah kering, mengingat media coatingnya paperboard?

    ReplyDelete
  14. Apakah membuang kno3 ke tempat sampah berbahaya?

    ReplyDelete
  15. Untuk tanaman mangga kno3 berbahaya apa tidak?

    ReplyDelete
  16. Untuk bunga tanaman mangga apa tidak berbahaya?

    ReplyDelete
  17. Kalo dicampur sama gula lalu di bakar akan apaya?

    ReplyDelete
  18. pertanyaan saya
    Dimana bisa di mendapatkan KNO3? Semenjak sering terjadi penyalah gunaan KNO3 sekarang semaki tidak mudah mendapatkan nya.

    ReplyDelete
  19. pertanyaan saya
    Dimana bisa di mendapatkan KNO3? Semenjak sering terjadi penyalah gunaan KNO3 sekarang semaki tidak mudah mendapatkan nya.

    ReplyDelete

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !