Pengertian bola voli Lengkap sejarahnya


Pengertian bola voli lengkap dansejarahnya

 
Pengertian Bola Voli dan sejarahnya
Pengertian Bola Voli  lengkap - Bola voli merupakan salah satu olahraga populer yang ada di Indonesia. Ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui sebelum ikut dalam sebuah pertandingan olahraga ini. Anda bisa mendapatkan penjelasan tentang pengertian, sejarah hingga perkembangan bola voli dari masa ke masa. Tentu saja  pengertian bola voli lengkap bisa menjadi informasi yang sangat penting.

Rincian pengertian bola voli lengkap
Pengertian bola voli lengkap dimulai dari jenis olahraga permainan yang melibatkan 2 tim atau grup berbeda. Masing-masing dari tim itu merupakan lawan dan didukung dengan anggota aktif sebanyak 6 orang yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing.

Olahraga permainan ini memiliki tujuan khusus yaitu melempar bola voli ke atas bagian net lalu menjatuhkan tepat di garis lapangan lawan yang berbeda. Selain itu, anggota tim voli lainnya juga bisa melakukan perlawanan dengan menghadang tim lawan yang ingin menjatuhkan bola dengan pola yang sama.

Permainan olahraga bola voli sangat membutuhkan kerja sama tim yang solid dengan dukungan kelincahan masing-masing pemain. Masing-masing dari pemain itu memiliki kesempatan untuk melakukan perlawanan dengan smash atau pukulan ke arah lapangan lawan. Tindakan lain yang harus dilakukan anggota tim adalah pertahanan dengan menghadang bola untuk masuk ke area lapangan tim.

Hal penting lainnya yang harus anda ketahui adalah organisasi yang menaungi olahraga ini. Untuk tingkat nasional, olahraga ini berada di bawah organisasi yang disebut dengan PBVSI atau Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia. Olahraga ini juga memiliki induk organisasi tingkat internasional yaitu FIVB atau Federation Internationale de Volleyball.

Sejarah asal mula dari permainan olahraga bola voli
sejarah Bola VOLI - Awal mula permainan olahraga bola voli pertama kali dimainkan oleh seorang guru yang membidangi pendidikan jasmani. Guru ini memiliki nama William G. Morgan yang mengajar di Young Men Christian Association (YMCA). Sekolah ini berada di kota Holyoke yang ada di Amerika Serikat.

Morgan pertama kali memainkan olaharga ini dengan melemparkan bola keatas lalu dengan sigap melewati jarring-jaring yang dibuat dengan ukuran tertentu. Jaring-jaring itu ditempatkan di tengah lapangan yang membagikan menjadi dua sisi. Hingga pada akhirnya permainan olahraga ini terus mengalami perkembangan dengan berbagai perubahan peraturan sesuai dengan tradisi dan regulasi tiap wilayah berbeda.

Pada awal pertama kali dimainkan, olahraga ini hanya didukung dengan alat sederhana seperti bola dan jarring khusus. Setelah itu, dirinya mulai memesan bola khusus yang disesuaikan dengan kondisi dari permainan olahraga ini.

YMCA yang merupakan lembaga pendidikan tempat Morgan mengajar mulai melakukan kompetisi bola voli dengan melibatkan peserta didik. Hingga pada akhirnya dilakukan kejuaraan bola voli nasional pada 1922. Selanjutnya tahun 1929 dibentuk induk organisasi bola voli nasional di Amerika Serikat. Sejak saat itu, bola voli mulai dikenal di banyak negara seperti Rumania, Uni Soviet, Jepang hingga Pakistan.



tags:

pengertian bola voli secara singkat
pengertian bola voli dan ukuran lapangan
pengertian bola basket
teknik permainan bola voli
sejarah singkat bola voli
sejarah bola voli di indonesia
rangkuman materi bola voli
lapangan bola voli

0 Response to "Pengertian bola voli Lengkap sejarahnya"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !