Pengertian Sejarah Lengkap


Pengertian sejarah lengkap 

pengertian sejarah lengkap
Pengertian Sejarah Lengkap


Pengertian Sejarah lengkap   - Secara umum sejarah merupakan kejadian yang berasal dari masa lampau dengan perhitungan waktu tertentu yang dimuat sesuai dengan sumbernya. Sumber dari sejarah merupakan peninggalan yang berkaitan dengan keadaan atau peristiwa di masa lalu. Studi sejarah selalu mempelajari tentang sebab dan akibat. Hal ini yang akan mempengaruhi makna dari sejarah itu sendiri. Bila peristiwa yang terjadi di masa lalu memiliki makna khusus maka itu sudah menjadi bagian dari sejarah. Defenisi ini merupakan bagian dari pengertian sejarah lengkap yang menjadi dasar pemikiran banyak elemen dan para ahli dengan sudut pandang yang berbeda.

Etimologi pengertian sejarah lengkap
Pengertian sejarah lengkap juga akan berkaitan dengan etimologi atau asal mula kata itu sendiri. Menurut beberapa sumber, sejarah berasal dari bahasa Melayu. Istilah ini sering digunakan untuk memberikan gambaran tentang silsilah atau keturunan kerajaan. Pengertian sejarah seperti ini juga akan berkaitan dengan bahasa Arab yang bermula dari sajaratun yang memiliki arti pohon. Istilah seperti ini akan memberikan gambaran seperti pohon terbalik dengan rincian dari keluarga kerajaan.

Pengertian sejarah lengkap sesuai dengan KBBI
Tentu saja pengertian sejarah lengkap akan melibatkan konsepsi yang berasal dari KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia. Menurut kamus itu, Sejarah merupakan bagian dari kata benda yang memiliki beberapa arti seperti:
  1. Asal usul dari silsilah atau keturunan kerajaan atau keluarga darah biru.
  2. Peristiwa atau kejadian yang memiliki makna dan terjadi di masa lalu.
  3. Rincian tentang peristiwa atau berkaitan dengan pengetahuan yang terjadi pada masa lalu.

Pengertian sejarah lengkap menurut beberapa ahli
Defenisi atau pengertian sejarah lengkap juga berasal dari beberapa ahli yang memiliki kapabilitas secara konsep. Anda akan mendapatkan pemahaman yang berbeda dari banyak ahli untukmemberikan penjelasan yang cukup ideal. Berikut ini pandangan beberapa ahli yang berkaitan dengan pengertian dari sejarah, seperti:

Pengertian sejarah dari Moh. Yamin
Moh. Yamin memiliki pandangan yang ideal dari pengertian sejarah. Menurut dirinya, sejarah merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang disusun secara rapi berdasarkan hasil dari penyelidikan berbagai peristiwa dan bisa dibuktikan melalui kenyataan yang sudah ada.

Pengertian sejarah dari Herodotus
Herodotus juga mengungkapkan pengertian sejarah melalui sudut pandang berbeda. Dirinya menganggap bahwa sejarah adalah sistem yang mempelajari kejadian secara awal dalam pembentukan sebuah kronologi yang didukung dengan bukti konkrit berupa catatan-catatan resmi.

Pengertian sejarah dari J.V Brice
J.V Brice juga merupakan seorang ahli yang akan memberikan pandanganya tentang pengertian sejarah. Menurut dirinya, sejarah merupakan kumpulan dari catatan-catatan dari hasil pemikiran, perkataan atau perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat pada perhitungan masa atau waktu tertentu.




tags:


pengertian sejarah secara umum
pengertian sejarah menurut para ahli
pengertian sejarah lengkap
pengertian sejarah secara etimologi
pengertian sejarah menurut kbbi
pengertian sejarah menurut herodotus
pengertian sejarah menurut bahasa belanda
pengertian sejarah menurut sartono kartodirdjo
pengertian sejarah indonesia
pengertian sejarah secara umum
pengertian ilmu sejarah
pengertian sejarah menurut para ahli
pengertian sejarah menurut bahasa belanda
pengertian sejarah secara etimologi
pengertian sejarah menurut kbbi
pengertian sejarah menurut herodotus

0 Response to "Pengertian Sejarah Lengkap"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !