5 Fakta Tentang Gas Klorin Yang Perlu Anda Ketahui


Gas klorin ialah gas yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam bidang industri khususnya industri kertas, gas klorin digunakan sebagai “Whiting Agent” atau sebagai agen pemutih. Sedangkan dalam kehidupan kita, gas ini terdapat dalam bentuk senyawa NaClO yang merupakan bahan aktif pemutih pakaian yang biasa kita gunakan untuk membuat pakaian kita tetap terlihat putih dan bersih.

Gas klorin dalam tabel periodik dilambangkan dengan “CI” , karena gas klorin merupakan gas diatomik maka lebih umum dilambangkan dengan “Cl2”. Nah, tahukah anda ? gas klorin memiliki fakta-fakta unik yang sebaiknya anda harus ketahui! Berikut ini fakta unik dari gas klorin……

1. Digunakan Sebagai Senjata Kimia Pada Perang Dunia I

Ya, saat perang dunia I, jerman yang dipimpin oleh pasukan NAZI memiliki armada militer yang sangat kuat dan mempunyai berbagai persenjataan yang modern. Nah, gas klorin pada saat itu digunakan oleh pasukan NAZI untuk melumpuhkan pasukan sekutu. Efeknya luar biasa, puluhan tentara sekutu tewas dan ratusan lainya mengalami gangguan pernapasan dan iritasi kulit. Hal ini terjadi karena gas klorin ialah gas yang sangat beracun khususnya untuk organ pernapasan manusia.
Selain itu, gas klorin juga merupakan gas yang bersifat korosif, karena bila gas klorin kontak dengan air maka akan dihasilkan suatu zat asam yang dapat membakar dan membahayakan jaringan di dalam kulit. Wow!!


2. Merupakan Mineral Essensial Bagi Tubuh

Siapa sangka, meskipun gas klorin merupakan gas yang beracun, tetapi faktanya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah, yang bermanfaat bukanlah gas klorin tersebut melainkan bentuk ion dari gas klorin yaitu dalam bentuk ion klorida. Ion klorida merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi kesehatan manusia.

Ion klorida bermanfaat untuk distribusi cairan tubuh,menjaga tekanan osmosis,serta juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan ion positif dan ion negatif dalam jaringan ekstra sel.Unik memang, unsur klorin dalam bentuk gas memiliki sifat yang sangat beracun, tetapi dalam bentuk ion klorida ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

3. Merupakan Salah Satu Gas yang Bersifat Sangat Reaktif

Dalam ilmu kimia, reaktif berarti mudah bereaksi. Artinya senyawa kimia yang bersifat reaktif berarti senyawa kimia tersebut sangat mudah bereaksi dengan senyawa/substansi lain di alam kita ini. Nah, ternyata sifat kereaktifan ini dimiliki oleh gas klorin,gas klorin sangat mudah bereaksi dengan substansi/senyawa lain. Contohnya kita tidak akan bisa menemukan gas klorin di alam kita ini dalam keadaan bebas melainkan hanya dalam bentuk mineral yang terikat dengan unsur lain, Hal ini terjadi karena kereaktifan dari gas klorin itu sendiri.

Banyak demonstrasi kimia yang dilakukan untuk membuktikan kereaktifan dari gas klorin ini, salah satu contohnya yaitu reaksi antara alumunium dengan gas klorin , gas klorin dapat dengan mudah bereaksi dengan alumunium untuk membentuk senyawa alumunium triklorida. berikut Ini persamaan reaksinya.

                   Al + Cl2 → AlCl3
                                                                             
Anda dapat menemukan berbagai eksperimen kimia di internet khususnya di youtube yang membuktikan kereaktifan dari gas klorin ini. So silahkan anda kunjungi youtube untuk melihat berbagai eksperimen tersebut.


4. Merupakan Salah Satu Gas Yang Menyebabkan Kerusakan Lapisan Ozon

Gas klorin juga merupakan gas yang menyebabkan rusaknya lapisan ozon, meskipun gas CO2 lebih dikenal sebagai penyebab utama rusaknya lapisan ozon. Nah, tahukah anda apakah sebenarnya lapisan ozon itu? Lapisan ozon sebenarnya didominasi oleh gas O3 yang mana gas O3 tersebut diberi nama “Gas Ozon”. Dalam hal ini gas klorin yang terdapat dalam senyawa CFC (kloroflourocarbon) dapat bereaksi dengan ozon menghasilkan gas O2, lama kelamaan jika terlalu banyak senyawa CFC yang bereaksi dengan ozon maka konsentrasi ozon makin lama makin berkurang, dan hal inilah yang menyebabkan rusaknya lapisan ozon dan juga mendasari dilarangnya penggunaan CFC saat ini.

berikut ini persamaan reaksi antara senyawa CFC dengan gas klorin....

                  CCl2F
2
+ UV → 2Cl + CF
2

         (senyawa CFC diuraikan oleh sinar UV dari matahari)

                  Cl + O3 → ClO2 + O2
         (Lalu gas klor bereaksi dengan ozon dan menyebabkan rusaknya lapisan ozon tersebut)

                  ClO2 + O → Cl + O2
(lalu senyawa ClO2 yang dihasilkan dapat berekasi dengan gas oksigen dan menghasilkan gas klor yang siap merusak kembali lapisan ozon)

Meskipun terdapat dalam bentuk senyawa CFC, ternyata gas klor dapat dilepaskan karena senyawa CFC ini dapat dengan mudah diuraikan oleh sinar UV ,dan dihasilkanlah gas klor yang merupakan musuh bagi lapisan ozon.

5. Biasa Digunakan Sebagai Disinfektan/Pembunuh Kuman

Fakta Gas Klorin
Meskipun gas klorin terkenal beracun, ternyata dalam bentuk senyawa kimia, gas klor memiliki segudang manfaat dalam kehidupan kita, salah satunya yaitu sebagai disinfektan/pembunuh kuman pada air. Nah, apakah anda mengetahui apa itu kaporit? Kaporit merupakan salah satu senyawa kimia dari klorin dengan rumus kimia Ca(ClO)2. Senyawa ini biasa digunakan sebagai disinfektan pada air kolam renang .Selain sebagai pembersih air pada kolam renang, kaporit juga biasa digunakan sebagai pembersih dan pembunuh kuman pada air PAM.

Dan satu lagi senyawa klorin yang berfungsi sebgai disinfektan ialah senyawa NaClO. Mungkin anda merasa tidak asing lagi dengan senyawa yang satu ini, karena senyawa NaClO merupakan bahan aktif pemutih pakaian yang biasa kita gunakan untuk membuat pakaian kita tetap putih dan bersih.

Nah,tahukah anda mengapa senyawa NaClO dapat membuat pakaian putih serta dapat menghilangkan noda pada pakaian? Hal ini disebabkan karena senyawa NaClO merupakan senyawa yang bersifat Strong Oxidator atau Agen Pengoksidasi yang kuat sehingga noda-noda yang menempel pada pakaian akan dengan mudah dioksidasi oleh senyawa NaClO tersebut.dan pada akhirnya pakaian kita pun menjadi bersih. Selain bersih, pakaian kita juga terlihat putih karena efek pemutih dari gas klorin itu sendiri.

Nah, itulah kedua senyawa klorin yang berfungsi sebagai disinfektan,sebenarnya masih banyak lagi senyawa klorin yang memiliki fungsi sebagai disinfektan,namun tidak memungkinkan rasanya untuk dijelaskan satu persatu , kesimpulanya gas klorin dalam bentuk senyawa kimia tertentu ternyata dapat berfungsi sebagai disinfektan, tetapi yang perlu digaris bawahi tidak semua senyawa klorin yang memiliki fungsi sebagai disinfektan, melainkan hanya senyawa klorin tertentu saja yang memiliki fungsi sebagai disinfektan.

Nah, itulah kelima fakta mengenai gas klorin.Ternyata tiap senyawa kimia memiliki manfaat dan kerugianya masing-masing. Seperti gas klorin, dalam bentuk gas, klorin bersifat toxic bagi manusia namun dalam bentuk senyawa , klorin memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita.

Oke demikianlah postingan saya mengenai 5 fakta tentang gas klorin. Apakah sobat punya Fakta Unik Lain??
 
Baca : Launching Blog Panduan Kimia

0 Response to "5 Fakta Tentang Gas Klorin Yang Perlu Anda Ketahui"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !