"PULSA GRATIS MAU? KL1K GAMBAR DIBAWAH TRIK NYA! BUKTIKAN SENDIRI"

Polietilen : Pengertian, Sifat, Fakta dan Kegunaanya


Polimer merupakan salah satu bahan sintetis yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari. Selama ini kita mungkin mengenal berbagai macam bahan-bahan yang terbuat dari plastik mulai dari kursi, ember, pipa sampai kabel listrik. Nah, kesemua bahan itu merupakan polimer, sehingga polimer ini benar-benar usable dan sangat bermanfaat bagi manusia.

Salah satu polimer sintetis yang memiliki banyak kegunaaan ialah Polietilen ( PE ). Polimer jenis ini banyak digunakan pada peralatan-peralatan rumah tangga seperti alat-alat masak dan juga bisa digunakan untuk alat listrik seperti kabel dan isolator.

Sifat Dan Fakta

Polietilen yang memiliki kerapatan rendah diproduksi melalui polimerisasi radikal bebas pada suhu tinggi ( 200 C ) dan tekanan yang sangat tinggi yaitu 1000 atm. Sedangkan polietilen dengan kerapatan tinggi diproduksi menggunakan katalis Ziegler-Natta Pada suhu yang lebih rendah yaitu dibawah 100 C dan tekanan kurang dari 100 atm. Dibandingkan dengan produk plastik lainya, polietilen lebih banyak diproduksi . Sekitar 4 juta ton polietilen dengan kerapatan rendah dan sekitar 2 juta ton polietilen dengan kerapatan tinggi habis terjual pada tahun 1990-an. Hal ini menunjukan bahwa polimer polietilen sangat usable dan bermanfaat bagi kelangsungan keseharian kita, hal ini bisa dilhat dari jumlah produksinya yang sangat masif dan menggunguli jumlah produksi jenis polimer lain.

Secara kimia, polietilen bersifat sangat inert. Polimer ini tidak larut dalam pelarut jenis apapun pada suhu kamar, tetapi dapat mengalami pengerusakan oleh hidrokarbon dan karbon tetraklorida. Polietilen juga dapat dirusak oleh asam nitrat pekat, pengerusakan oleh asam nitrat ini akan menyebabkan terjadinya proses pembakaran akibat kuatnya sifat oksidator dari asam nitrat. Polietilen juga dapat mengalami kerusakan oleh sinar UV.

Sifat fisik polietilen kerapatan tinggi berbeda dengan polietilen kerapatan rendah. Polietilen dengan kerapatan rendah memiliki sifat kenyal, tidak mudah sobek, dan tahan terhadap kelembapan dan bahan kimia, sehingga banyak dipakai untuk pembungkus, dus, isolator listrik, pelapis kabel dan sebagainya. Sedangkan polietilen dengan kerapatan tinggi memiliki daya regang dan ketegangan yang solid, sehingga banyak digunakan untuk membuat pipa, tabung, bejana dan benda lainya.

Kesimpulan

Jadi polietilen merupakan salah satu polimer sintetis yang memiliki banyak manfaat. Dibandingkan dengan jenis polimer lainya, polietilen termasuk yang paling banyak diproduksi di dunia, hal ini terjadi karena sifatnya yang sangat inert dan kekuatan fisiknya yang lebih baik daripada polimer lainya, sehingga polietilen menjadi primadona untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat peralatan-peralatan tertentu mulai dari peralatan kamar mandi sampai peralatan listrik. Jadi polietilen benar-benar sangat usable.

Credit Image By : ps-commodities.com

0 Response to "Polietilen : Pengertian, Sifat, Fakta dan Kegunaanya"

Post a Comment

Apakah Sobat Masih Bingung ? Jangan Malu-Malu Sampaikan Saja Keluh Kesah Sobat Di Kolom Komentar !